Workshop Jurnalistik Dasar, Pembekalan untuk Kru Magang

0
193

10258446_840623599289950_3675118664684417195_n

Semarang. Pelaksanaan workshop jurnalistik dasar oleh Lembaga Penerbitan Mahasiswa Justisia sebagai modal dasar anggota kru magang 2016. Acara yang tersebut berlangsung 12-16 di Asrama FUPK dan Candi Gedong Songo, Minggu (16/10/16).

Kegiatan yang dibagi dua sesi ini pertama, dimulai dari tanggal 12-13 Oktober bertempat di asaram Fakultas Ushuludin Program Khusus (FUPK) dengan materi jurnalistik dasar. Acara sesi kedua di lanjutkan pada tanggal 15-16 Oktober di kawasan wisata Candi Gedong Songo Bandungan Semarang, dengan praktik lapangan menulis berita dan opini oleh calon kru magang.

“Pelaksanaan dari workshop materi hinngga lapangan ini, saya harap dapat dipahami oleh seluruh peserta. Karena materi yang disampaikan di awal semuanya akan di implementasikan saat workshop lapangan ini. Jadi ini proses awal bagi mereka untuk nanti berproses di LPM Justisia,” kata ketua panitis workshop, Alaik Ridhallah di sela-sela kegiatan workshop lapangan.

Pria asal Kudus menambahkan bahwa proses menjadi kru LPM Justisia harus mengikuti kegiatan organisasi selama satu tahun. “Proses mereka tak hanya berhenti disini, setelah ini mereka akan berproses di Justisia selama satu tahun kedepan guna memastikan nanti bisa atau tidaknya di tetapkan sebagai kru tetap Justisia,” ucapnya.

Pantauan justisia.com 17 peserta workshop lapangan sangat bersemangat saat melakukan liputan di area wisata. Mereka semua mencari untuk bahan dasar penulisan straight news, feature, dan opini.

“Tadi saya sempat wawancara dengan salah satu pengunjung untuk menanyakan beberapa hal, kemudia ada juga salah satu pedagang yang saya wawancarai. Jadi kami liputan mencari beberapa sumber keterangan untuk kami menulis berita nanti,” ujar Vivi seorang peserta workshop lapangan. (j/MD)