WCC Fasilitasi Alumni UIN Walisongo

0
247
Peresmian acara minggusn WCC ysng bernama "Wednesday Market" oleh wakil rektor 3
Peresmian acara mingguan WCC yang bernama “Wednesday Market” oleh Dr. H. Suparman Syukur, M.Ag. (Wakil Rektor III) di depan Perpustakaan Institut Kampus III UIN Walisongo Semarang (1/03/2017) (Sumber: www.instagram.com/wcc.uinws)

 

Justisia.com – Walisongo Career Center (WCC) menjadi lembaga unggulan UIN Walisongo untuk fasilitasi mengembangkan kemampuan bagi alumni UIN.

“Mempertahankan sarjana tidak hanya mendidik mahasiswa dan mahasiswi, tapi harus ada follow up (dengan) dibidangi berbagai macam lembaga, terutama Career Center,” papar Suparman Syukur saat di temui wartawan justisia.com di Auditorium II Kampus III seusai acara Dies Natalis UIN Walisongo, Kamis (6/4).

Pria yang menjabat sebagai Wakil Rektor III UIN Walisongo tersebut menjelaskan satu-satunya lembaga yang bisa di manfaatkan sebaik mungkin adalah Career Center. Disamping itu, pihak UIN juga berusaha agar Career Center yang dimilikinya bisa setingkat dengan Career Center di universitas lainnya seperti UGM Yogyakarta, UINDIP Semarang, dan UI Jakarta.

“Karena apa? kalau tidak kita lakukan sejak sekarang, dikhawatirkan alumni UIN Walisongo kurang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kerja didalam lapangan kerja kita,” imbuh pria kelahiran Kebumen itu.

“Career Center terbuka untuk semuanya, hanya nanti akan diarahkan sesuai dengan bidang (keahlianya) masing-masing. Dalam lembaga ini, tidak memilah-milah Alumni (jurusan) mana. Melainkan dalam lembaga Career Center tersebut, semua alumni itu nanti ter-cover dalam Career Center dan data-data yang masuk itu semuanya terekam sehingga nantinya bisa UIN jadikan untuk menindak lanjutinya,” ujarnya.

Kerja Sama

Disamping fokus dalam Career Center, UIN juga mengadakan jaringan kerja sama mulai dari Perguruan Tinggi, Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, dan bahkan dengan luar Negeri.

“Melalui bidang manapun, UIN selalu mengadakan kerja sama, jadi kita disamping berusaha secara konstitusioanal, juga berusaha menjaring kerja sama dengan yang lainnya. Bahkan, di Jawa Tenga hampir seluruh Kabupaten Kota UIN menjalin kerja sama,” tuturnya.

Harapan terbesar dari diselenggarakannya kerja sama tersebut, UIN dapat menjadi kendaraan para sarjana dan mahasiswa untuk masuk keberbagai jaringan dan relasi kerja sama.

“Semua alumni Walisongo yang mengajukan Proposal ke berbagai daerah dan adanya label UIN bisa dimanfaatkan sebagai payung untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah,” pungkas alumni UMS tersebut.(nandar/Dnil)