Wahid Foundation Gelar Pelatihan Literasi Media Online dan Manajemen Rohis se Kota Semarang

0
173
Ketua MGMP PAI Kota Semarang, Sadi memaparkan materi di acara Pelatihan Literasi Media online dan Manajemen ROHIS se Kota Semarang, Sabtu, (28/07) Siang. (Doc.Wahid Foundation

Rohani Islam (ROHIS) se Kota Semarang SMA/SMK) mengikuti “Pelatihan Literasi Media Online dan Manajemen Rohis” . Acara yang diprakarsai MGMP PAI SMA Kota Semarang bekerjasama dengan Wahid Foundation berlangsung pada 28-29 Juli 2018 di Hotel Muria Semarang.

Ketua MGMP PAI SMA Kota Semarang, Drs. Sadi, M.S.I, mengungkapkan keberuntungan anak-anak yang bergabung dengan dalam organisasi Rohis dikarenakan menciptakan lingkungan sekolah berbasis religious culture.

Pria asal Semarang itu menambahkan bahwa tugas anak Rohis untuk mengajak siswa-siwa dalam berbuat baik harus sesuai koridor.

“Anak Rohis harus mengajak kebaikan dan mencegah dalam dari perbuatan buruk (amar maruf nahi munkar), wajib merubah terhadap kemungkaran, tetapi anak rohis harus mencegah kemungkaran dengan cara yang halus, jangan berucap kasar. Jangan memaksa ketika beramar maruf nahi munkar. Karena Hidayah itu datang dari Allah. Ini sesuai dengan (Qs. Al-Qashas ayat (28): 56),” jelas Guru PAI SMA 15 Kota Semarang.

Pria yang sudah dua periode menjabat Ketua MGMP PAI Kotas Semarang juga berharap Rohis menjadi media melengkapi nilai-nilai ke Islam bagi pesertda didik melalui jalur ekstrakulikuler.

Peserta didik untuk memiliki investasi pahala menjadikan golongan manusia yang beruntung sehingga memberi manfaat orang lain. Sebagai media pembimbing dan mengarahkan dinamika pertumbuhan dan perkembangan pikiran, emosi dan sikap peserta didik SMA/SMK.

“Rohis harus jadi ekstrakulikuler unggulan di SMA/SMK. Jangan kalah dengan kegiatan lainnya,” ungkapnya disambut tepuk tangan peserta.

Sadi panggilan akrabnya, memberikan materi Rohis mengenai latar belakang, maksud tujuan, dalil dan perintah, prinsip manajemen kerja, serta keadministrasian di internal Rohis. (jaed/rais)