Rektor UIN WS: Mahasiswa Jangan Bercita-Cita Menjadi PNS

0
555
Retor UIN Walisongo, Muhibbin saat di wawancarai usai acara wisuda, Rabu 8/9.Foto: Yaqin

Justisia.com– Proses pelepasan wisuda UIN Walisongo Semarang ke-72 yang terdiri dari 968 mahasiswa dari jenjang Diploma, sarjana, magister dan program doktoral, di Auditorium II UIN Walisong, Rabu (8/3). Rektor UIN Walisongo, Muhibbin berharap mahasiswa untuk memberikan banyak pengabdian bagi masyarakat, dan tidak usah berkeinginan menjadi PNS.

“Saya tidak mengharapkan mahasiswa menjadi PNS, tetapi lebih tertarik pada dunia usaha, karena kalau mereka masuk dunia usaha, mereka tidak bergantung kepada siapa siapa, tetapi bergantung kepada dirinya sendiri,” Ujar mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum tersebut.

Menyadari hal itu, Muhibbin menekankan kepada mahasiswa untuk berwirausaha semenjak menjadi mahasiswa.

“Mahasiswa harus membiasakan diri belajar berwirausaha, nanti setelah lulus bisa mengembangkan usahanya sambil melihat kondisi sekitar. Kalau tidak bisa konsentrasi di dunia usaha, nanti malah bisa menambah angka pengangguran,” Imbuhnya.

Ketua Keluarga Alumni Walisongo (Kalam) Lukman Hakim, Ia mendukung atas apa yang sampaikan Rektor UIN Walisongo Muhibbin, bahwa mahasiswa bisa menumbuhkan kreativitasnya dalam bidang usaha.

Ia berharap mahasiswa kelak jadi alumni dapat berkiprah secara ril di masyarakat untuk turut serta membangun harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Jangan sampai ikut-ikutan menyebarkan berita hoax, menyebarkan ujaran kebencian, dan fitnah. Karena akan berimbas pada almamaternya,” Ujar pria asal Pemalang tersebut. (red: Inunk)