Pendeta GKMI : Santri Terintegrasi dengan Sejarah Bangsa

0
279
sumber foto: dokumen pribadi
sumber foto: dok.Rudiyanto

Santri merupakan salah satu unsur yang terintegrasi dan dalam perjalanan bangsa untuk mendirikan sebuah negara

“Ini merupakan sebuah komitmen dan sumbangsih yang tak ternilai harganya dari santri terhadap kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (hari ini),”kata Pendeta GKMI Rudiyanto kepada reporter justisia.com saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (20/10).

Dia mengungkapkan pada dasarnya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 sebuah implementasi yang konkret dari cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

“Hari Santri Nasional (HSN) bukan selalu berbicara soal santri dan umat muslim, namun juga berbicara mengenai umat non-muslim terhadap peran santri di Indonesia,” tambah pria berkacamata itu

Rudi menuturkan sebagai orang Indonesia yang beragama kristen, HSN berbicara kepada saya bahwa umat Kristen, dan umat-umat yang lainnya dapat mengandalkan santri dalam membangun Indonesia yang plural.

“Saya yakin seluruh umat akan semakin terdorong untuk bahu-membahu dengan santri dalam merawat Indonesia yang pancasilais dan beragam tapi satu karena Indonesia adalah milik semua orang bukan individu,” pungkas Rudiyanto diakhir percakapan (Syaifur)