FSH Adakan Progam Distingsi di Tiap Jurusan

0
65
Kru Justisa wawancara dengan salah satu mahasiswa yang ikut program distingsi di Perpustakan Universitas, Kamis (11/10)

Justisia.com Fakultas Syariah dan Hukum adakan program Distingsi. Program ini ditujukan bagi mahasiswa semester 5 jurusan Ilmu Hukum, Hukum Pidana Islam dan Hukum Keluarga Islam. Acara tersebut dilakukan pada waktu yang berbeda di setiap jurusannya. Untuk Ilmu Hukum dilakukan pada tanggal 29-30 September 2018, Sementara Jurusan Hukum Keluarga Islam dilakukan 6 Oktober 2018, dan Hukum Pidana Islam dilakukan 08 September di Hotel Pandanaran.

“Acara ini bertujuan untuk meng capacity-building mahasiswa terkait dengan kompetensinya. Menyangkut keadvokatan maka capacity-building mahasiswa dalam kompetensi keadvokatan. Karena mata kuliah yang dua SKS dipandang belum mampu sebagai advokat yang sebenar-benarnya, hukum acara, praktek pengadilan dan sebagainya,” ujar Wakil Dekan 1 akademik Sahidin saat ditemui kru justisia di halaman gedung M Fakultas Syariah dan Hukum, Kamis (11/10) siang.

Rencananya, program distingsi ini dilakukan berkesinambungan dan dilaksanakan setiap semester dan setiap jurusan, khususnya di FSH. Mengingat di setiap semester dalam mata kuliah dirasa kurang fokus dalam hal praktikum terhadap kekurangan-kekurangan mahasiswa.

Kegiatan tersebut memberi banyak pengalaman dan pengetahuan terhadap mahasiswa. Salah satunya Maryam. Ia mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kedepannya.

Saya merasa bahagia, ada kepuasaan tersendiri, bermanfaat dan kita juga dapat nuansa baru tidak hanya di kelas. Senang bisa lebih kenal dengan teman sesama jurusan karena waktu acara itu diacak, jadi selain ilmu baru bisa kenal teman-teman baru, ungkap Mahasiswa jurusan Ilmu hukum tersebut

Bebrapa mahasiswa,menginginkan, bahwa prograbem distingsi tidak hanya untuk materi keadvokatan. Melainkan juga untuk beberapa materi terkait, seperti kehakiman. Serta menghadirkan beberapa pemateri yang berkompeten dari luar.

“Jika diadakan lagi, ingin yang bidang Kehakiman, karena hakim sebagai salah satu yang memberikan keadilan. Manfaatnya juga sangat besar bagi setiap kalangan,” ujar Farhan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam itu.

“Jika ada lagi saya berharap semua mahasiswa benar-benar memanfaatkan momen tersebut, karena jarang sekali terdapat acara seperti ini dan selama saya kuliah juga baru kali ini,” terang Zama, Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam. (J/Riska/Zakaria)