Cerita Dibalik Pesan Rektor dalam Wisuda UIN Walisongo

0
167
Retor UIN Walisongo, Muhibbin saat di wawancarai usai acara wisuda, Rabu 8/9.Foto: Yaqin

justisia.com Rektor UIN Walisongo dalam berpesan kepada mahasiswa yang sudah lulus jangan bercita-cita jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akan tetapi bercita-citalah jadi pengusaha atau wirausahawan.

“Karena kampus sudah membekali entrepreneurship kepada mahasiswa. Itu tidak lain untuk memberikan keterampilan yang ada untuk mahasiswa,” kata Rektor UIN Walisongo, Muhibbin dalam Sidang Senat Terbuka UIN Walisongo dengan Acara Wisuda Sarjana (S.1) ke-73, Magister (S.2) ke-40, Doktor (S.3) ke-16, Diploma 3 (D.3) Perbankan Syariah ke-22 di Auditorium II Kampus III, Kamis (6/9).

Seusai acara, reporter justisia.com mengkonfirmasi kepada Rektor UIN Walisongo terkait pesan yang disampaikan. Karena diketahui setiap acara wisuda, Rektor UIN Walisongo selalu berpesan hal yang sama.

Muhibbin berbicara mengenai cerita dibalik pesan yang disampaikan setiap ada acara wisuda. Karena ketika seseorang itu bercita-cita jadi PNS, dan kalau tidak terwujud kan pasti kecewa. Itu akan berimbas terhadap pekerjaan mereka. Namun kalau ada kesempatan jadi PNS ya tentunya harus dicoba.

“Makanya saya itu selalu mengulang-ulangnya dan tidak hanya kepada wisudawan tetapi juga mahasiswa baik baru maupun lama,” kata Muhibbin didepan Auditorium II.

Pria kelahiran Demak tersebut menyampaikan ketika mereka bercita-cita menjadi pengusaha. Entah itu pengusaha besar maupun kecil. Itu akan mampu menunjang perekonomian baik diri sendiri maupun orang lain.

Muhibbin menjelaskan negara yang maju yaitu memiliki pengusaha 15%. Karena sudah diketahui juga bahwasanya Indonesia baru memiliki pengusaha 3%. Ini sungguh jauh dari capaian. Untuk itu mahasiswa harus menjadi pengusaha. Tentu yang paling penting modalnya yaitu ulet, tahan, dan mau belajar.

Dia mengatakan sebenarnya tidak pernah bercita-cita jadi pegawai negeri. Tapi jalan berkata lain dan sekarang malah menjadi pegawai negeri.

Terakhir, Muhibbin mengatakan bahwasanya untuk acara wisuda kedepannya akan memberikan pesan yang sama kepada mahasiswa. “Saya akan selalu berpesan kepada mahasiswa untuk tidak bercita-cita jadi PNS. Tapi bercita-citalah jadi pengusaha,” tukasnya. (rep: syai)