Telah Hadir LIKSA Edisi XXV

0
96
Telah Terbit LIKSA Edisi XXV
Cover Liksa edisi XXV. sumber: tim kreatif justisia
Website | + posts

justisia.com – Pecinan Semarang merupakan sebuah kawasan di Kota Semarang dimana terkenal dengan budayanya yang sangat kental yaitu budaya Tionghoa. Di tempat inilah keturunan Tionghoa menetap.

Kira-kira sejak tahun 1628, kawasan Pecinan yang sekarang terbentuk, telah banyak ikut andil dalam memperkaya budaya Indonesia. Walaupun sempat menjadi kota yang Terisolasi, tapi dari hal tersebutlah merupakan satu tahap perkembangan.

Terdapat banyak hal menarik yang dapat dikulik dari satu tempat ini.  sebab masih banyak tradisi serta karakter budaya yang dipegang teguh dan masih bertahan sampai saat . hal ini menyebabkan banyak ketertarikan khusus dan beragam dari Masyarakat luar. Warisan-warisan yang masih dijaga, seperti  bentuk bangunan, ibadah, hingga persaudaraan yang masih sangat erat.

Lebih menariknya, kebudayaan serta tradisi yang begitu kental, masih dapat hidup berdampingan begitu rukun. Tidak ada yang menganggap siapa yang lebih dominan ataupun siapa yang lebih berkuasa serta kuat. Hal tersebut juga merupakan warisan kerukunan yang indah.

Maka, pada edisi Liksa kali ini, Pecinan Semarang disajikan dalam bingkai sastra yang begitu menarik.  Mengenal sejarah dengan kalimat-kalimat sastra. Mengapa Pecinan Semarang dapat ditulis dalam tulisan sastra? Sebab Pecinan Semarang tak luput dalam peran sastra Indonesia.

Ruang-ruang sastra yang luas, banyak terisi oleh sastra Tionghoa. Namun hal tersebut banyak pembaca yang belum mengetahuinya. Bahkan penulis-penulis Tionghoa banyak yang belum dikenal masyarakat awam ataupun pembaca.

Besar harapan kami, dengan terbitnya sastra Pecinan ini, dapat mengenalkan Pecinan dengan cara yang berbeda. Pembaca dapat melihat lebih indah dengan cara membaca tulisan demi tulisan yang ada di dalam LIKSA edisi XXV kali ini. Kritik dan masukan dari pembaca sungguh kami tunggu untuk meningkatkan kualitas terbitan kami.

Liksa edisi XXV dapat diunduh di sini.

Baca juga:  Status Mahasiswa Aktif Sebabkan Wisuda di Hari Aktif Kuliah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here