Semarang Masuk Zona Aman, Akankah Orsenik 2021 Digelar

0
39
Fiya Faridatul Afidah
Kru Magang 2020 | + posts

Semarang, Justisia.com – Semenjak pandemi covid-19 hampir semua kegiatan offline dalam kampus ditiadakan, namun kali ini ada berita yang akan membangkitkan semangat mahasiswa terutama mahasiswa baru. Pasalnya Pekan Olahraga, Seni, Ilmiah dan Keterampilan (Orsenik) diberitakan akan digelar kembali setelah vakum satu tahun, hal ini disampaikan oleh  Muhammad Azmi Ali selaku Ketua Dema UIN Walisongo.

Orsenik ini merupakan jenis kegiatan tahunan yang digelar oleh Dema Universitas, dimana setiap fakultas mendelegasikan peserta lomba bagi setiap mahasiswa baru untuk mengikuti setiap cabang yang diperlombakan.

Dalam wawancara online melalui  telepon seluler yang berdurasi 12.18 menit, Azmi menjelaskan bahwa digelarnya Orsenik 2021 telah melalui banyak pertimbangan mengingat saat ini Semarang juga telah memasuki zona aman.

“Pada kamis (2/9) kemarin kami melakukan audiensi yang dihadiri oleh banyak pihak salah satunya adalah Wakil Rektor lll,” jelas Azmi.

Tujuan digelarnya Orsenik adalah menyaring bakat mahasiswa baru serta membangun euforia yang telah lama layu karena pandemi ini.

Mahasiswa yang akan mengikuti acara Orsenik 2021 masih menjadi perbincangan karena adanya perdebatan pendapat antara dua pihak.

“Masih menjadi perdebatan siapa saja yang bisa mengikuti Orsenik 2021 ini. Sebagian berpendapat orsenik lebih baik diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 dan angkatan 2021 mengingat angkatan 20 belum pernah mengikuti acara orsenik. Namun, sebagian yang lain menginginkan angkatan 21 saja,” ucap Azmi.

Terdapat kurang lebih 42 cabang perlombaan pada Orsenik 2021, dari berbagai cabang lomba ada beberapa jenis lomba yang akan diadakan secara offline, yaitu cabang olahraga, seni, dan keterampilan dengan tetap memperhatikan prokes. Azmi menjelaskan perlombaan yang sekiranya bisa online akan diadakan secara online, begitu juga dengan suporternya.

Jenis perlombaan seperti LKTI, dan Essai akan diadakan secara online. Untuk Orsenik 2021 ada jenis cabang perlombaan baru yaitu e-Sports seperti Mobile legends dan PUBG  yang akan diadakan secara online.

Mengenai tempat Orsenik masih menjadi perundingan, sedangkan untuk waktunya diperkirakan akan di gelar pada tanggal 11-15 Oktober 2021.

Namun untuk keputusan resminya para Dema masih menunggu keputusan resmi Rektor UIN Walisongo Semarang.

“Pak Rektor menyambut dengan baik atas rencananya diadakan Orsenik 2021. Namun untuk keputusan resminya kita masih menunggu keputusan rektor,” ucap Azmi.

Azmi berharap para Mahasiswa terutama Mahasiswa baru tidak salah paham dengan kabar adanya orsenik 2021 tetap tenang sembari menunggu keputusan.

“Nanti jika ada kabar lebih lanjut pihak kami pasti akan segera mengabarkan, jangan menelan isu hoax tentang orsenik ini, sebelum adanya surat resmi,” ungkapnya. [Red/M2]

Baca juga:  Maba Ditengah Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here