Muncul Klaster Baru di Kampus, Satgas Covid-19 UIN Walisongo Imbau Kewaspadaan Seluruh Civitas Academica

0
53
UIN Walisongo Akan Mulai SImulasi Kuliah Blended
Gedung Rektorat UIN Walisongo Semarang. Sumber: sinarjateng.pikiran-rakyat.com
Lisana Sidqin Alia
Kru Magang 2020 | + posts

Semarang, Justisia.com – Pada pekan kedua bulan Juni 2021, muncul klaster penyebaran Covid-19 baru di UIN Walisongo Semarang. Pihak satgas covid-19 UIN Walisongo berkoordinasi dengan timnya mengupayakan beberapa usaha memutus mata rantai covid-19, seperti tracking, tracing, dan testing.

“Satgas covid-19 UIN Walisongo terus melalukan upaya pemutusan mata rantai virus ini. Usaha dalam bentuk tracking (pelacakan), tracing (penelusuran), dan testing (pengujian) selalu dilakukan dengan koordinasi tim Satgas,” Tutur pihak satgas covid 19 UIN Walisongo dalam selebaran online via WhatsApp.

Pihak satgas Covid juga menjelaskan perlunya meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Munculnya varian baru covid ini perlu kewaspadaan kita bersama. Terutama dalam menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” Imbau Abdul Kholiq dalam selebaran tersebut.

Berdasarkan data hasil penelusuran tim satgas Covid-19 UIN Walisongo, penularan ini bermula dari adanya aktivitas di luar dan di dalam kantor. Seperti kehadiran dosen/staf dari zona merah untuk Work From Office (WFO) dan kehadiran mahasiswa dari zona merah untuk mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Pada bulan Juni 2021, terjadi kenaikan angka covid-19 di beberapa wilayah Jawa Tengah. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dosen dan staf UIN Walisongo melakukan tes covid.

Hasil swab yang dilakukan baik di luar dan di Poliklinik UIN Walisongo itu menunjukan adanya 23 orang dari dosen, staff dan mahasiswa terkonfirmasi positif covid-19. Tidak hanya itu, sejumlah empat orang anggota keluarga dari keluarga besar UIN Walisongo juga turut dinyatakan positif covid-19.

Adapun penyebab terpaparnya keluarga dosen/staf UIN Walisongo yaitu kontak erat dengan orang tua, berada di zona merah (mukim/sekolah/mondok) dan Klaster perkantoran.

Satgas Covid-19 mengimbau beberapa tindakan untuk mencegah covid-19 di UIN Waliosngo dengan menerapkan standar 5M sesuai dengan imbauan Kementerian Kesehatan RI, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sedangkan untuk dosen/staf yang terpapar covid-19, akan dilakukan isolasi mandiri dan penanganan Rumah Sakit. [Red. FZ]

Baca juga:  Kaleidoskop Mild Report Justisia 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here