Mahasiswa Gelar Aksi Depan Kampus 3 Suarakan Anti Kekerasan Seksual

0
91
Zainul Fitroh
Kru Magang Justisia 2021 | + posts

Semarang, Justisia.com – Terjadi Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Walisongo di depan Gerbang Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Kamis sore, (25/11).

Aksi yang dilakukan oleh PMII Rayon Dakwah mengangkat tema “Stop Kekerasan Seksual” yang meruakan bagian dari peringatan HUT KOPRI (Korps PMII Putri) ke-54.

Latar belakang diangkatnya tema tersebut, dikarenakan maraknya kasus kekerasan seksual di ranah kampus. Hal ini berdasarkan keterangan dari Ketua PMII Rayon Dakwah, Emir Syahrizal.

“Tidak hanya di kampus luar, di kampus UIN Walisongo sendiri terdapat satu-dua kasus yang belum terungkap. Para korban belum berani speak up,” ujarnya.

Pada umumnya, pihak kampus telah menyediakan badan yang khusus untuk menangani kasus kekerasan seksual, begitu juga di UIN Walisongo, pihak kampus telah menyediakannya. Hanya saja beberapa korban belum berani untuk angkat bicara ataupun melaporkan karena trauma yang dialaminya.

Oleh karena itu, Emir mengajak seluruh elemen mahasiswa harus saling mengingatkan dan mengedukasi terkait isu kekerasan seksual yang rawan terjadi di lingkungan kampus.

“Setidaknya mahasiswa harus saling mengingatkan satu sama lain, bisa jadi diri kita adalah pelaku atau korban kekerasan seksual itu sendiri,” ungkapnya.

Berbagai poster tulisan dibentangkan pada aksi ini, yang menjadi sorotan diantaranya seruan “Kawal Permendikbud No. 30” serta ajakan pada poster “Wujudkan Kampus Bebas Kekerasan Seksual“.

Harapan dari para mahasiswa tentunya adanya Permendikbud tersebut yang sedang menjadi perbincangan di masyarakat khususnya kalangan akademisi bisa menjadi solusi untuk menciptakan ruang bebas dari kekerasan ataupun pelecehan seksual di lingkungan kampus.

Emir berharap momentum ini dapat menjadi promotor dalam upaya meminimalisir kekerasan seksual. “Semua elemen, baik mahasiswa, birokrasi kampus, maupun pemerintah, harus saling bekerjasama dalam mencegah kekerasan seksual,” tandasnya. [Ed/Red.M2]

Baca juga:  Rekrut 4500 Anggota, KOPMA UIN Walisongo Dipuji Mampu Jaga Konsistensi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here