LPM Justisia Adakan Lomba Esai dan Podcast Tingkat Nasional

0
30
LPM Justisia Adakan Lomba Esai dan Podcast Tingkat Nasional
Pamflet Lomba Esai dan Podcast Nasional LPM Justisia/ Kredit Foto: Tim Desain Justisia
M. Lutfi Nanang Setiawan
Kru Magang 2020 | + posts

Semarang, Justisia.com – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Justisia Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang gelar acara lomba esai dan podcast tingkat nasional dengan tajuk Judicial (Justisia Digital Creative Festival).

Kegiatan lomba yang ditujukan untuk mahasiswa dan umum tersebut, dilaksanakan dengan timeline; pendaftaran dan pengumpulan karya pada 10 September-5 Oktober, proses penilaian karya pada 5-7 Oktober, pengumuman 5 besar pada 8 Oktober, dan puncak acara dan pengumuman juara pada 9 Oktober.

“Kami hanya mewadahi pikiran-pikiran kritis dan ide-ide kreatif mahasiswa agar bisa tersalurkan, walaupun masih di masa pandemi,” ujar Fajri.

Ketua panitia Lomba Judicial tersebut juga menjelaskan, di masa pandemi seperti ini tidak sedikit mahasiswa yang hidupnya terkekang karena salah satunya kuliah yang diberlakukan secara daring, sehingga ide-ide mereka terhambat sulit untuk bisa disalurkan.

“Di kondisi seperti ini pun, dinamika sosial tidak ada berhentinya. Meskipun diberlakukan PPKM, itu masih ada celah beberapa pihak yang mengambil manfaat dari itu sehingga merugikan masyarakat,” jelas mahasiswa Falak tersebut.

Tidak ubahnya dengan apa yang disampaikan oleh Syafrina, Penanggung Jawab Lomba Podcast Judicial.

“Sebenarnya acara ini tidak dalam rangka memperingati apa-apa. Hanya untuk mengisi kegiatan di masa pandemi,” tuturnya.

Harapan dari adanya lomba ini agar menjadi wadah bagi pikiran kritis masyarakat dan mahasiswa khususnya agar nalar kritis selalu terjaga, bisa berjalan dan tidak berhenti. Bisa berkembang dan tidak terbatas hanya karena Corona dan pembatasan sosial.

“Dengan adanya lomba ini akan menumbuhkan rasa awareness kaum muda tentang pentingnya permasalahan di sekitar kita. Generasi muda harus berani speak up ketika melihat ketidakadilan di depan mata dan mampu memberikan solusi secara kreatif dan inovatif,” imbuh mahasiswa prodi HKI tersebut. [Red/M2]

Baca juga:  Awali Semester Baru, UIN Walisongo Adakan Stadium General Bertema Revolusi Industri 4.0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here