Ketua FKUB Jawa Tengah Beri Apresiasi FKUB Kabupaten Sragen

0
28
Website | + posts

Semarang, Justisia.com – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah, Taslim Syahlan mengapresiasi kinerja FKUB Kabupaten Sragen dalam membina kerukunan umat di tengah masa sulit pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Taslim pada acara silaturahmi kebangsaan di Kabupaten Sragen. Menurutnya, FKUB Kabupaten Sragen hingga saat ini masih eksis dalam membina kerukunan umat beragama dengan bukti Harmoni Award yang diterima oleh Gereja Kristen Jawa.

“Saya pribadi maupun sebagai Ketua FKUB Jawa Tengah sangat mengapresiasi peran aktif FKUB Kabupaten Sragen dalam merawat perdamaian dan kerukunan antar umat beragama walau di tengah keadaan (pademi covid-19) yang sulit seperti sekarang. Ini dibuktikan dan diperkuat atas didapatkannya Harmony Award oleh GKJ Sragen,” tuturnya Minggu, 3 Oktober 2021.

Bagi dosen Universitas Wahid Hasyim Semarang tersebut, suasana kerukunan di Sragen semakin kuat dirasakan saat melihat GKJ Sragen yang berdampingan dengan Masjid Raya Al-Falah dapat hidup rukun dan harmonis tanpa ada gesekan apapun.

“Ini pemandangan yang tidak biasa. Di samping itu, tidak semua daerah terdapat pemandangan yang luar biasa seperti ini. Dan yang paling penting adalah kerukunan, keharmonisan terus langgeng di sini,” ujar Taslim di hadapan pengurus GKJ Sragen dan pengurus Masjid Al-Falah Sragen.

Taslim yang didampingi oleh Generasi Muda FKUB Provinsi Jawa Tengah dan tokoh-tokoh lintas agama menyampaikan bahwa kondisi yang ada di Kabupaten Sragen perlu diteruskan serta perlu dicontoh berbagai daerah di Jawa Tengah.

Dengan begitu, lanjutnya, kebhinekaan yang dicita-citakan leluhur sekaligus semua orang bisa benar-benar terwujud. Pada saat yang sama, Taslim berharap FKUB Kabupaten Sragen bisa segera membentuk Generasi Muda (GEMA) FKUB Kabupaten Sragen.

“Sebisa mungkin, FKUB Kabupaten Sragen segera membentuk GEMA FKUB Kabupaten Sragen agar mereka (anak muda) dapat berpartisipasi sekaligus lebih aktif dalam merawat kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Sragen,” pungkasnya.

Mendapat kunjungan dari FKUB Provinsi Jawa Tengah, Ketua FKUB Kabupaten Sragen, Mahmudi mengucapkan Terima kasih. Dari kunjungan tersebut, imbuh Mahmudi, diharapkan dapat menjadi suntikan semangat bagi pengurus agar lebih baik dan bergelora.

“Kunjungan ini sungguh penting dalam memberikan support dan semangat bagi kami agar ke depan FKUB Kabupaten Sragen bisa melahirkan ide-ide kreatif inovatif dan juga mencuri sekaligus mengembangkan ide pak Ketua FKUB Jawa Tengah,” papar Mahmudi.

Sebelum mengunjungi GKJ Sragen dan Masjid Al-Falah Sragen, FKUB dan seluruh rombongan menghadiri peringatan 53 tahun Gereja Santa Theresia Bongsari. Selanjutnya melakukan kunjungan di Pondok Pesantren Al-Musani dan terakhir kunjungan di Masjid Al-Falah dan GKJ Sragen. [Red/M2]

Baca juga:  Ultras Syariah dan Hukum Siap Hebohkan UIN Walisongo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here