Hukum Pidana: Suatu Pengantar

0
124
sumber foto : Sitepu
M. Cahaya Prima B. S.
Kru Magang 2020 | + posts

Identitas Buku

Judul buku : Hukum Pidana: Suatu Pengantar
Nama pengarang buku : Topo Santoso
Penyunting Buku : Yayat Sri Hayati
Penerbit Buku : Rajawali Pers
Tahun terbit buku : 2020
Ketebalan buku : XVIII + 408 Halaman
Cetakan : Pertama, Juni 2020
Ukuran buku : 15 x 23 cm
Warna buku : Hitam
Jenis Resensi : Informatif
ISBN : 978-623-231-432-0
Peresensi : Sitepu

Biografi Penulis

Topo Santoso lahir di Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah pada 5 Juli 1970. Ia menyelesaikan Pendidikan Sarjana Hukum pada tahun 1992 di Universitas Indonesia (UI), Magister Hukum pada tahun 2000 di Universitas Indonesia (UI), dan PhD pada tahun 2009 di Univesity of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak Tahun 1994 hingga saat ini menjadi dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Ia mengajar beberapa mata kuliah di FHUI antara lain: Asas-Asas Hukum Pidana, Sejarah dan Perbandingan Hukum Pidana, Tindak Pidana Tertentu dalam KUHP, Tindak Pidana Ekonomi dan Antu Korupsi, Kriminologi, Hukum Pidana Islam, dan lain-lain.

Sampai saat ini Topo telah menghasilkan 21 buku, dan berbagai artikel jurnal internasional seperti Asian Journal of Comparative Law dari NUS Singapura, Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities dari Malaysia, International Islamic University Law Journal dari Malaysia, dan The International Sport Law Journal dari Asser Institute Belanda, Indonesia Law Review dari UI serta beberapa jurnal ilmiah nasional.

Sementara itu, saat ini Topo Santoso juga aktif menjadi Dewan Redaksi/ Reviewer/ Mitra Bestari di beberapa jurnal ilmiah seperti Indonesia Law Review dari FHUI, Diponegoro Law Review, dan Jurnal Masalah-Masalah Hukum dari UNDIP, Jurnal Negara Hukum dan Jurnal Parliamentary Review dari DPR, Padjajaran Jurnal Ilmu Hukum dari UNPAD, Mimbar Hukum dari UGM, Journal of Islamic Studies, Sharia Law Journal dari FHUI, dan yang terakhir Jurnal Konstitusi dari MK.

Sinopsis Buku

Buku berjudul Hukum Pidana: Suatu Pengantar merupakan salah satu buku non fiksi alias buku akademik untuk mahasiswa Fakultas Hukum yang akan atau sedang mempelajari Hukum Pidana.

Berbagai materi pengantar Hukum Pidana yang telah disajikan oleh penulis dalam buku ini dibagi menjadi 9 bab, antara lain:

Bab pertama merupakan pengenalan dari isi buku ini dengan judul “Mengenal Hukum Pidana”. Hal ini sudah sepatutnya ada dalam buku yang memuat judul pengantar agar pembaca dapat memahami materi-materi yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Bab kedua menjelaskan tentang apa itu Ilmu Hukum Pidana dan kaitannya dengan Ilmu lain, seperti Kriminologi, Viktimologi, Penologi, Forensik, Criminal Justie (Studi Peradilan Pidana) dan masih banyak lainnya. Dengan adanya penjabaran dengan Ilmu lain yang berkaitan maka pembahasannya akan semakin komprehensif.

Bab ketiga membedakan Hukum Pidana menjadi dua yakni Hukum Pidana Umum (Pidum) dan Hukum Pidana Khusus (Pidsus). Dalam Hukum Pidana Khusus pun dijelaskan tentang KUHP Militer, UU Pidana Khusus diluar KUHP, dan UU Administrasi yang memuat sanksi pidana.

Bab keempat mengenalkan prinsip hukum yaitu Ultimum Remedium (Sarana Terakhir). Pada bab ini juga dijelaskan bagaimana prinsip ini terhadap Hak Asasi Manusia dan menggunakan Kriminalisasi sebagai Ultimum Remedium. Selain itu juga dijelaskan bagaimana penerapan Ultimum Remedium di Indonesia dan negara lain.

Bab kelima menjelaskan pengertian Falsafah atau biasa disebut tujuan dalam Pemidanaan. Bab ini memperkenalkan macam-macam Falsafah Pemidanaan, Sejarah Falsafah Pemidanaan, dan Penerapannya.

Bab keenam membedakan sekaligus menjelaskan lebih rinci lagi tentang Sumber-Sumber Hukum Pidana di Indonesia yang mana ada banyak Sumber diluar KUHP, seperti UU Pidana Khusus diluar KUHP, dan UU Administrasi yang memuat sanksi pidana. Contohnya UU No. 31 Tahun 1999 jo UU No. 21 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dan masih banyak lainnya.

Bab ketujuh merupakan bab yang menjelaskan Sejarah Hukum Pidana di Indonesia. Mulai dari Sejarah hubungan KUHP Belanda dengan KUHP Indonesia, Hukum Pidana pada Masa VOC dan Hukum Pidana Adat, Hingga terakhir Hukum Pidana Pasca Proklamasi sampai saat ini (Menuju RUU KUHP Nasional).

Bab kedelapan mengenalkan beberapa Asas pokok yang ada pada Hukum Pidana seeprti Asas Legalitas, Lex Scripta (Hukuman Didasarkan Undang-Undang Tertulis), Lex Certa (Undang-Undang yang Dirumuskan Terperinci dan Cermat, Hukuman Jelas dan Bentuknya), Lex Praevia (Asas Larangan Berlaku Surut) dan Pengecualiannya, Lex Stricta (Perumusan Secara Ketat dan Larangan Analogi dalam Hukum).

Bab kesembilan adalah bab terakhir dari buku ini dan menjelaskan tentaang berbagai macam Metode Penafsiran Undang-Undang Pidana. Bab ini merupakan bab yang cukup penting bagi mahasiswa Fakultas Hukum yang nantinya akan berkecimpung di dunia hukum sebagai seorang Hakim.

Ulasan

  • Kelebihan Buku

Bagi buku yang memuat judul pengantar, buku ini dari segi materi cukuplah lengkap sebagai buku perkenalan dengan mata kuliah Hukum Pidana. Muatan buku ini cukuplah komprehensif karena banyak mengutip dari Pakar Hukum dalam Negeri maupun Luar Negeri yang karyanya sudah mendunia.

Dalam segi penulisan dan pemilihan kata buku ini tergolong buku yang ringan bagi peresensi karena penulis seakan mengajak pembaca berdialog. Dan penguraian materipun tidak tergolong bertele-tele karena ulasan materi yang lebih rinci diletakan pada catatan kaki jadi tidak heran jika disetiap halaman penuh dengan catatan kaki.

  • Kekurangan Buku

Dalam dunia hukum di Indonesia mengutip pendapat pakar dengan bahasa aslinya seperti bahasa Inggris maupun bahasa Belanda adalah hal yang biasa dilakukan oleh penulis buku hukum. Namun dalam buku ini ada beberapa kutipan dengan bahasa Inggris maupun bahasa Belanda yang belum ada terjemah bebasnya, hal inilah yang menyulitkan pembaca yang belum mengerti bahasa asing dan sekaligus menjadi kekurangan buku ini.

  • Saran

Saya sebagai peresensi buku Hukum Pidana: Suatu Pengantar karya Topo Santoso sangat merekomendasikan kalian sebagai mahasiswa Fakultas Hukum untuk membaca buku ini karena menurut saya bacaannya tidak tergolong berat meskipun buku ini termasuk buku akademik yang digunakan sebaga media pembelajaran. Terlebih bagi mahasiswa yang akan mengambil peminatan/penjurusan Hukum Pidana dan juga bagi yang bercita-cita sebagai praktisi hukum yakni Hakim, Jaksa, Advokat, dan sebagainya. Worth to buy kok hehehe. [Red. Musyaffa’]

Baca juga:  Pahami Al-Qur'an Secara Kontekstual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here