Hukum Pidana Islam Karya M. Nurul Irfan

0
58
Hukum Pidana Islam
Sumber foto: Sitepu
M. Cahaya Prima B. S.
Kru Magang 2020 | + posts

Identitas Buku

Judul buku : Hukum Pidana Islam
Nama pengarang buku : Dr. H. M. Nurul Irfan, M.Ag.
Penyunting Buku : Nur Laily Nusroh & Dhia Ulmilla
Penerbit Buku : AMZAH
Tahun terbit buku : 2016
Ketebalan buku : XVIII + 250 Halaman
Cetakan : Pertama, Maret 2016
Ukuran buku : 16.5 x 23 cm
Warna buku : Putih
Jenis Resensi : Informatif
ISBN : 978-602-0875-07-1
Peresensi : Sitepu

Biografi Penulis

M. Nurul Irfan lahir dari pasangan Alm. Kyai Chozin dan Almh. Mursyidah di Magelang pada 2 Agustus 1973. Pria kelahiran 1973 ini, memperoleh gelar sarjananya di IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, program studi Pidana dan Perdata Islam/Muamalah dan Jinayah pada tahun 1998. Kemudian menuntaskan program Magisternya pada tahun 2001, dan program Doktornya pada tahun 2008 di UIN Syarif Hidayatullah dengan judul disertasi “Tindak Pidana Korupsi di Indonesia dalam Perspektif Fikih Jinayah.”

Sejak tahun 2003, ia diangkat menjadi dosen tetap setelah mengabdi selama tiga semester menjadi asisten dosen di almamaternya. Saat ini ia berpangkat Lektor Kepala di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hingga saat ini M. Nurul Irfan telah menghasilkan 4 buku, diantaranya adalah Korupsi dalam Hukum Pidana Islam, Nasab da Status Anak dalam Hukum Islam, Fiqh Jinayah, serta Gratifikasi dan Kriminalitas Seksual: Dalam Hukum Pidana Islam, dan keempat buku tersebut diterbitkan oleh Penertbit Amzah (Bumi Aksara Group). Selain itu, ia pun menulis berbagai gagasannya melalui artikel ilmiah di berbagai jurnal.

Oleh sebab kepiawaiannya dalam bidang yang ia geluti, seringkali ia diundang sebagai narasumber pada acara-acara dialog, salah satunya “Jakarta Lawyer Club” dan “Debat” dengan tajuk Perjuangan Machica Mochtar Berujung Duka? Di TVOne. Penulis buku ini juga pernah bertindak sebagai saksi ahli di Mahkamah Konstitusi, Pengadilan Agama Jakarta Selatan, dan Pengadilan Agama Kabupaten Tangerang terkait masalah perkawinan.

Sinopsis Buku

Buku yang ditulis oleh M. Nurul Irfan berjudul Hukum Pidana Islam merupakan salah satu referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Hukum, khususnya program studi yang di bawah naungan Fakultas Syariah dan Hukum di UIN maupun IAIN.

Penulis membahas teori dalam hukum pidana Islam, lebih khusus lagi membahas tentang berbagai persoalan jarimah qishas, hudud, takzir, serta berbagai masalah hukum kontemporer.

Terdapat 231 halaman dengan 3 bab yang akan menjelaskan secara lebih mendalam tentang hukum pidana Islam. Berikut pembahasan masing-masing bab:

Bab pertama merupakan pengantar hukum pidana Islam seperti pengertian dan asas-asas yang dianut. Selain itu bab ini juga sudah masuk ke dalam penjelasan ketiga tindak pidana atau delik (jarimah) yaitu jarimah qishas, hudud, dan takzir.

Bab kedua menjelaskan tentang sumber hukum pidana Islam yang terbagi menjadi empat yaitu Al-Qur’an, sunah, ijma’, serta qiyas. Pembahasan yang terdapat di bab ini juga cukup mendalam terkait pengertian, perbandingan mazhab, unsur-unsur, tingkatan juga kaitannya satu sama lain.

Bab ketiga merupakan bab yang menjadikan buku Hukum Pidana Islam karya M. Nurul Irfan sangatlah berbeda dengan buku serupa lainnya. Mengapa dikatakan demikian? Karena bab ketiga membahas tentang relevansi hukum pidana Islam dengan kasus hukum kontemporer di Indonesia. Mengingat permasalahan hukum selalu berkembang sementara sumber hukum pidana Islam yakni Al-Qur’an dan Sunah tidak dapat bertambah.

Relevansi dalam sebuah kasus hukum di Indonesia yang telah diulas dalam buku ini antara lain kasus aborsi akibat perkosaan, poligami dan prostitusi, unsur jarimah qadzf dalam sebuah putusan peradilan, kasus suap di MK, dan vonis mati bandar narkoba.

Ulasan

  • Kelebihan Buku

Dalam sebuah buku yang bertajuk Hukum Pidana Islam dengan banyak halaman yang tidak menyentuh sampai 300 halaman, buku ini cukup komprehensif dalam pemaparan teorinya. Terlebih dalam perbedaan pandangan di antara empat mazhab fikih terkenal terhadap pembahasan sebuah jarimah yang ditulis oleh penulis. Selain menuliskan pendapat para ulama, penulis pun menyimpulkan dan menulis pendapatnya sendiri terhadap sebuah jarimah.

Menurut peresensi, buku ini memuat diksi dan kalimat yang ringan serta tidak berat dibaca oleh peresensi namun tetap komprehensif. Seperti yang sudah disampaikan pada bab tiga bahwa buku ini memiliki pembeda yang unik yakni pembahasan kasus hukum di Indonesia dan relevansinya dengan teori hukum pidana Islam.

  • Kekurangan Buku

Dalam dunia hukum di Indonesia mengutip pendapat pakar dengan bahasa aslinya seperti bahasa Inggris maupun bahasa Belanda adalah hal yang biasa dilakukan oleh penulis buku hukum. Namun dalam buku ini ada beberapa kutipan dengan bahasa Inggris maupun bahasa Belanda yang belum ada terjemah bebasnya, hal inilah yang menyulitkan pembaca yang belum mengerti bahasa asing dan sekaligus menjadi kekurangan buku ini.

Mengutip sebuah teori, gagasan, pendapat dari pakar serta ulama untuk menguatkan argumen yang penulis gagas dalam buku ini merupakan hal yang lumrah, terlebih dalam dunia hukum kita harus memiliki dalil sebelum menyampaikan sebuah argumentasi.

Sebuah tulisan akan menjadi bertele-tele jika kita menuliskan hal yang sama atau mirip berulang-ulang kali. Dan hal inilah yang penulis lakukan di setiap pembahasan jarimah dalam buku ini.

  • Saran

Saya sebagai peresensi buku Hukum Pidana Islam karya M. Nurul Irfan sangat merekomendasikan buku ini kepada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum di UIN maupun IAIN. Khususnya program studi Hukum Pidana Islam dan Ilmu Hukum. Meskipun cukup bertele-tele dalam penyampaian pengertian disetiap pembahasan jarimah tetapi dengan diksi yang digunakan membuat buku ini jadi ringan dibaca. Ditambah adanya pembahasan relevansi teori hukum pidana Islam dengan kasus hukum di Indonesia, sangatlah membuka wawas. [Red. Fajri]

Baca juga:  Si Pelampau Masa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here