Film Game Change: Belajar Konsultasi dengan Cara yang Menarik

0
55
Rizky Arisna Rahmadtria
Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Walisongo

Identitas Film

  • Judul: Game Change
  • Jenis Film: Biografi, Drama, Sejarah
  • Sutradara: Jay Roach
  • Produksi: HBO Films
  • Pemain: Julianne Moore, Woody Harrelson, dan Ed Harris
  • Durasi Film: 118 Menit
  • Penulis Naskah: Danny Stron

“Game Change” merupakan film yang diproduksi oleh HBO Films. Disutradarai oleh Jay Roach yang merupakan sutradara dari film dengan genre yang hampir sama yaitu film drama politik HBO berjudul Recount dan komedi politik The Campaign. Film ini sendiri dilatarbelakangi oleh situasi panas pemilihan Presiden di Amerika Serikat pada tahun 2008 yang berlangsung heboh. Walaupun ketika itu yang terpilih adalah Barrack Obama, namun yang menjadi perhatian dalam film ini justru lawan politiknya, John McGain (diperankan oleh Ed Harris) dan pasangannya Sarah Pallin (diperankan oleh Julianne Moore).

Film ini dimulai dengan Steve Schmidt (diperankan oleh Woody Harrelson) yang sedang joging kemudian mendapat telepon dari McCain, yang mengutuk liputan pers yang telah menjelek-jelekkan dirinya dan berkonsultasi kepada Steve Schmidt, kemudian meminta untuk membantunya kampanye dalam Pilpres Amerika Serikat 2008.

Baca juga:  Hukum Pidana Islam Karya M. Nurul Irfan

Film ini menunjukkan bagaimana Sarah Palin yang terburu-buru menuju popularitas dengan instan tanpa persiapan, dijauhkan dari keluarganya dan terus-menerus diejek di televisi, sementara staf Republik yang tegas dengan setelan jas membanjiri dia dengan fakta dan angka.Sebagai Kepala staff pemenangan dari McCain, Steve Schmidt harus mencari figur yang tepat untuk menjadi pasangan  McCain sebagai Wakil Presiden. Banyak nama yang muncul untuk menjadi kandidat Cawapres, hanya Sarah Pallin yang cocok menurut tim sukses McCain. Para ahli strategi tim sukses McCain berharap Sarah Pallin menjadi “Pengubah Permainan” dalam permainan politik  yang akan menggiring opini publik pada hal yang menguntungkan tim McCain.

Setelah mengumumkan Sarah Pallin sebagai Cawapres dari McCain, ia diterima dengan baik. Namun hal itu tidak berlangsung lama dan kondisi kampanye menjadi ‘gawat’ karena Sarah Pallin tidak tahu banyak mengenai isu-isu politik dan pemahaman yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin besar. Palin menjadi sosok yang simpatik saat dia menarik diri dari keluarganya dan dilemparkan ke dalam situasi yang dia tidak siap untuk ia tangani. Ejekan dari belahan Amerika Serikat dan ledakan cerita tentang keluarganya mulai memakan menggerogoti dirinya sendiri.

Baca juga:  Indahnya Ilahi atau Birahi?

Pada akhir tahun 2008, prospek untuk kampanye pasangan McCain terlihat menurun dan semakin mengkhawatirkan. Para ahli strategi beranggapan bahwa Sarah Pallin lebih baik menghafal dan memberikan garis besar pada debat dari pada memahami isu-isu panas di Amerika. Hingga demikian Pallin tampil baik pada debat Wakil Presiden.

Termakan euforia terhadap popularitas. Menjadikan Palin tidak kooperatif dan menolak masukan dari Schmidt serta staf penasihat lainnya. Film kembali ke wawancara pada tahun 2010 ketika Schmidt diwawancarai oleh Cooper Anderson yang bertanya apakah ia akan memilih Sarah Palin lagi jika dia punya kesempatan untuk memilih ulang Calon Wakil Presiden. Steve Schmidt menjawab bahwa kita tidak bisa mengembalikan waktu dan melakukan hal itu lagi (memilih Sarah Pallin sebagai Cawapres).

Sangat menarik bahwa dalam film ini tersaji banyak sekali adegan konsultasi, bahkan di awal film saja John McCain melakukan konsultasi kepada Schmidt,  Palin kepada Schmidt dan masih banyak lagi. Ketegangan suasana politik pada tahun 2008 dapat dirasakan berkat penyajian film yang matang. Film ini memperlihatkan bagaimana konsultasi menjadi salah satu penyelesaian terhadap masalah yang dialami. Karakter Schmidt memperlihatkan bahwa sebagai konsultan yang memberikan nasihat haruslah hati-hati dalam menyampaikan masukan dan memiliki paham yang baik dalam hal tersebut agar dapat memberikan pendapat/pertimbangan mengenai suatu hal dengan maksimal. [Red/M2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here