Fakultas Syari’ah dan Hukum Tandatangani MoU Dengan Juleha Jawa Tengah

0
22
Fakultas Syari'ah dan Hukum Tandatangani MoU Dengan Juleha Jawa Tengah
Foto bersama antara pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum bersama Pengurus JULEHA Jawa Tengah. Sumber: Fajri & Sonia
+ posts

Semarang, Justisia.com – Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Juru Sembelih Halal (JULEHA) Jawa Tengah, pada Kamis (10/6/2021).

Acara penandatanganan ini dilaksanakan di Gedung Teater FSH UIN Walisongo Semarang yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Arja Imroni, Wakil Dekan 1, Ali Imron, Wakil Dekan 2, Tolkhah, Wakil Dekan 3, Ahmad Izzuddin, serta Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan Fakultas Syariah dan Hukum.

Perjanjian ini ditandangani langsung oleh Dekan FSH UIN Walisongo dengan ketua DPW Juru Sembelih Halal Jawa Tengah, Erik Gunarto.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ahmad Izzudin, disebutkan bahwa MoU ini diadakan mengingat masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai standar jaminan halal serta jumlah juru sembelih halal di Jawa Tengah yang masih kecil.

“Bahkan saya ketahui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) mengenai Juleha ini di Indonesia baru ada 4,” ungkap Pengasuh PP Lifeskill Darun Najah tersebut.

Sebagai realisasi dari MoU, akan diadakan program-program berkelanjutan kolaborasi antara FSH dengan DPW JULEHA Jawa Tengah seperti pelatihan dan pendidikan wawasan syari’ah kepada juru sembelih di Jawa Tengah.

“Jadi, satu sisi kita akan mengambil praktiknya dan satu sisi kita akan mengambil materinya,” imbuh Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia tersebut.

Dekan FSH, Arja Imroni berharap agar MoU ini tidak menjadi silent MoU, karena perjanjian ini adalah salah satu tugas penting UIN Walisongo sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah.

“Saya berharap agar MoU ini tidak menjadi silent MoU. Tapi nanti kita berupaya untuk mewujudkan dan (akan) merealisasikannya dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan juru sembelih halal,” tutur Arja Imroni dengan penuh harapan.(Ed. Sonia/Red. sI)

Baca juga:  Mengapa Harus Gabung Organisasi Daerah ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here