Delegasi Racana Walisongo Sabet Juara 1 Lomba Karya Cipta Pramuka

0
139
Delegasi Racana Walisongo Sabet Juara 1 Lomba Karya Cipta Pramuka
Pengumuman daftar 3 besar lomba karya cipta pramuka. sumber: @racana.unisnu
Website | + posts

Semarang, Justisia.com – Delegasi Racana Walisongo UIN Walisongo Semarang menyabet juara 1 lomba karya cipta pramuka, dalam rangka series of birthday Racana Kalijaga-Ratu Kalinyamat Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara.

Lomba tersebut diselenggarakan secara online pada tanggal 5 s.d 16 Maret 2021, dengan mengusung tema “Harmoni Inovasi dengan Semangat Karya Pramuka Membangun Bangsa”.

Delegasi Racana Walisongo yang diwakili oleh Nurul Farida dan Anastya Mawar mengirimkan karya cipta berupa aplikasi berbasis power point dengan nama Lentera Cikal (Morse Code), dan artikel dengan judul “Melancarkan Eksistensi Pramuka Melaui Aplikasi Lentera Cikal”.

Aplikasi yang berbasis power point ini membahas tentang sandi morse, baik dari pengertian, sejarah, serta metode untuk menghafalnya.

“Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para anggota pramuka dalam mempelajari sandi morse, karena sekarang teknologi sudah begitu maju jadi belajar bisa dilakukan dengan cara apapun dan dan kapanpun,” ucap Farida saat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp.

Tersedia beberapa ikon pada Lentera Cikal yang dapat pengguna pilih sesuai kebutuhan. Pertama pengguna akan disuguhkan dengan halaman awal yang merupakan gambaran dari aplikasi ini. Kemudian pada slide ke dua ada profil dari developer (pembuat aplikasi), lanjut slide ketiga ada bagian menu yang mengarahkan ke materi, dan latihan.

Pada media tersebut disajikan materi dalam bentuk video sehingga akan lebih memahamkan para anggota atau pandu Pramuka dalam mempelajari sandi morse. Selain itu, disediakan latihan untuk mengasah kemampuan para pramuka.

Senada dengan Farida, Anastya yang juga menjadi delegasi menambahkan jika aplikasi ini berbasis power point yang sudah diubah dalam bentuk aplikasi, sehingga sangat mudah untuk mengaplikasikannya.

“Aplikasi berupa media pembelajaran ini disajikan dengan tampilan layaknya game. Sehingga para pramuka bisa belajar sambil bermain dengan asik,” tutur mahasiswa angkatan 2020 tersebut.[Red. Pepi]

Baca juga:  Sebagai Pusat Informasi, Posko 75 KKN UIN Walisongo Pasang Plang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here