Bedah Buku Lembaga Negara Karya Hakim MK : Apa yang Membuat Buku ini Berbeda?

0
83
Bedah Buku Lembaga Negara Karya Hakim MK : Apa yang Membuat Buku ini Berbeda?
Pelaksanaan webinar peluncuran buku Lembaga Negara melalui Zoom meeting
M. Cahaya Prima B. S.
Kru Magang 2020 | + posts

Jakarta, Justisia.com – Konstitusi bekerja sama dengan Raja Grafindo Persada menyelenggaran webinar bedah buku Lembaga Negara karya Prof. Saldi Isra pada Sabtu (13/03) via zoom meeting.

Buku yang diterbitkan oleh Raja Grafindo Persada ini, memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan buku Lembaga Negara lain, yakni dicantumkannya beberapa putusan MK yang berkaitan dengan Lembaga Negara.

“Saya kira sejauh ini sudah banyak buku yang membahas mengenai Lembaga Negara. Jadi saya harus memberi pembeda dan menawarkan hal baru dalam buku ini. Hal baru disini yaitu meninjau lembaga negara tidak hanya dari Konstitusi tetapi juga ditinjau dari putusan-putusan mahkamah konstitusi sebagai kekuasaan kehakiman dalam konstitusi,” ujar pria yang tengah menjabat sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi itu.

Prof. Saldi Isra juga menyampaikan bahwa ditengah-tengah kesibukannya menjadi Hakim, ia menyempat sedikit waktunya untuk menulis agar bisa menambah khazanah keilmuan para mahasiswa yang memiliki concern dibidang Hukum Tata Negara.

Sementara itu, Founder Advokat Konstitusi sekaligus pembedah dari buku ini, Fitrah Bukhari menyampaikan kelebihan dan kekurangannya.

“Pembahasan dalam buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami, jauh dari kesan kaku dan berat. Pun buku ini telah melacak sejarah Lembaga Negara secara komprehensif dan runtut. Kemudian putusan MK dijadikan jangkar dalam pembahasan setiap Lembaga Negara,” ungkapnya.

“Namun tak ada gading yang tak retak. Meskipun begitu, tetap ada beberapa kekurangan dalam penulisan seperti salah ketik atau typo” tambah Bukhari terhadap kekurangan buku ini. (Red/Khasanah)

Baca juga:  Koordinator #SemarangMelawan: Peserta Aksi Sekitar 7000 adalah Pahlawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here