Wisuda Daring: Inovasi Kegiatan Akademik Saat Pandemi

0
247

Semarang, justisia.com– UIN Walisongo laksanakan wisuda periode Agustus 2020 secara daring (06/08/2020).

Hal ini dikarenakan penerapan upaya pencegahan covid-19. Acara ini merupakan rangkaian wisuda Doktor (S.3) ke-21, Magister (S.2) ke-45, Sarjana (S.1) ke-78, dan Diploma (D.3) ke-27.

Dalam prosesi wisuda yang ditayangkan pada kanal Youtube resmi UIN Walisongo tersebut, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag. selaku rektor menyatakan bahwa wisuda kali ini mengusung tema Smart and Green Graduation yang merupakan inovasi penyelenggaraan akademik di masa pandemi.

“Desain Smart and Green Graduation ini merupakan respon atas tantangan global era 4.0 dan juga dalam rangka mentransformasi teknologi dalam berbagai elemen kehidupan kampus di UIN Walisongo Semarang,” tuturnya.

Imam Taufiq juga menyatakan bahwa keunggulan Smart and Green Graduation terletak pada optimalisasi dan integrasi sistem informasi pada konteks yang merujuk pada penggunaan program animasi Face Tracking sebagai pengganti kehadiran wisudawan.

Dalam pidatonya, rektor UIN Walisongo tersebut juga memperkenalkan Smart Card. Kartu ini terintegrasi dengan aplikasi UIN Walisongo yang dapat diunduh pada ponsel pintar.

Baca juga:  Massa Aksi Tolak Jajanan dari Aparat

Kartu tersebut ditujukan kepada alumni UIN Walisongo tersebut berfungsi untuk mengakses data-data digital masing-masing alumni seperti link dokumentasi video personal wisudawan saat pemindahan toga; link arsip dokumen kelulusan e-ijazah, transkip nilai, SKPI, buku alumni, portofolio wisudawan; link literasi yang dapat digunakan untuk mengakses e-library dan e-journal; serta untuk mengakses informasi aktual terkait alumni hingga informasi terkait karir dan bursa kerja di Walisongo Career Center.

“Kartu ini adalah bagian dari upaya Kita semuanya untuk melakukan digitalisasi dokumen dan data dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki akses stabilitas dan juga manajemen pengelolaan data para wisudawan dan alumni,” imbuh Rektor UIN Walisongo tersebut.

Reporter: Pepi
Penulis: Pepi
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here