UPT Perpustakaan Pusat Kembali Terapkan Layanan Online

0
147
Anastya Mawar Dini
Kru Magang 2020 | + posts

Semarang, Justisia.com – Setelah sempat membuka layanan perpustakaan secara offline pada Senin (01/12/2020) lalu, Unit Pelayanan Teknis (UPT) perpustakaan pusat UIN Walisongo Semarang kembali menerapkan sistem pelayanan secara online.

Berdasarkan informasi yang telah diedarkan oleh pihak UPT perpustakaan, bahwa pelayanan peminjaman buku secara offline masih tutup sampai waktu yang ditentukan dan untuk cek daftar peminjaman bisa diakses melalui e-Library.

Berbeda dengan peminjaman buku, sistem pengembalian buku masih dibuka tetapi sifatnya kondisional.

“Untuk mahasiswa yang masih domisili Semarang boleh mengembalikan buku dengan langsung datang ke perpustakaan dengan syarat memantuhi protokol kesehatan serta datang pada waktu jam kerja, sedangkan untuk yang luar domisili Semarang bisa mengembalikan buku lewat via pos.” Ujar Ana Afidah, Pustakawan Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang.

“Dianjurkan seperti itu, pengembalian buku lewat jasa pos, untuk mengurangi penyebaran virus dan mempermudah mahasiswa dalam mengembalikan buku,” tambahnya.

Afidah juga menuturkan, tidak ada tahapan-tahapan khusus untuk yang domisili luar Semarang dalam mengembalikan buku, cukup buku dipaketkan ke alamat perpustakaan pusat dan nanti akan diproses oleh petugas.

Berkenaan perpustakaan pusat kembali menerapkan sistem pada masa pandemi, maka untuk perpanjangan buku hukumnya sunnah, karena denda memang ditiadakan selama pandemi.

“Jika tidak mengembalikan dan tidak memperpanjang buku sebenarnya tidak masalah, karena tidak ada denda untuk pinjaman bulan Maret 2020 dan itu belum kena denda, kalo buku yang masih dipinjam dan sudah terlambat sebelum pandemi maka denda tetap berlaku,” imbuhnya.[Red.Khasanah]

Penulis: Anastya

Baca juga:  UPT Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang Kembali ditutup Hingga Waktu yang Tidak Bisa Dipastikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here