Tingkatkan Minat Baca dan Kurangi Candu Gawai, Posko 35 KKN UIN Walisongo Gelar Perpustakaan Keliling

0
125

Demak, justisia.com-Untuk meningkatkan minat baca dan mengurangi kecanduan anak terhadap gawai, Posko 35 KKN UIN Walisongo Desa Bulusari mengadakan Program Perpustakaan keliling. Kegiatan  ini dilaksanakan di Serambi Masjid Jami’ Baitul Muttaqin pada hari Sabtu (08/02/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, team KKN posko 35 bekerjasama dengan Komunitas Book of Wells (BOWDEM), dan karang Taruna Binaputra Desa Bulusari.

Kordinator Perpustakaan keliling, Rajiv Zakky Maula, menyampaikan bahwa tujuan diadakan Perpustakaan keliling yakni untuk mengenalkan literasi dan meningkatkan minat baca anak-anak Desa Bulusari.

“Ini merupakan salah satu langkah sekaligus terobosan untuk mengatasi anak-anak zaman sekarang yang taunya hanya main HP melulu. Relasi yang dibangun semakin meluas tapi ruang belajar semakin menyempit, karena waktu habis untuk bermain game online,” ujarnya.

Ketua Komunitas BOWDEM, Mbak Tata, mengapresiasi kegiatan perpustakaan berjalan dan mendukung penuh kegiatan ini.

“Kegiatan ini bagus. Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan seterusnya sehingga dapat menanamkan hal positif kepada adik-adik Desa Bulusari,” ujarnya.

Baca juga:  Laman Daftar KKN Sempat Trouble, Kepala PTIPD: Pengaturan Belum Penuh

Kegiatan perpustakaan keliling ini berjalan dengan lancar. Team KKN yang terdiri dari Eric Habib Maulana, Lina Karlina dibantu dengan karang taruna desa bulusari membuka Lapak Perpustakaan di masjid, dan mengajak adik-adik selepas pulang dari TPQ dan Madrasah untuk membaca buku.

Azizah mengungkapkan bahwa kegiatan ini mampu mengurangi waktunya terhadap gawai.

“Biasanya selepas pulang sekolah, sampai rumah terus main hp, ungkap siswa kelas 7 Mts tersebut,” ungkapnya.

Untuk ke depanya, Rajiv berharap agar masyarakat Desa Bulusari khususnya Karang Taruna dapat melanjutkan kegiatan ini, sehingga mampu menjadi solusi untuk mengatasi problematika candu terhadap gawai.

Reporter: Rajiv Zaki Maulana
Penulis: Edo Naufal Hanif
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here