Teh Herbal Kaya Manfaat dari Daun Kelor

0
64
Kredit gambar: Kompasiana.con
Astuada Sumasjaugi

Oleh: Astuada Sumasjaugi*

Justisia.com – Di dunia kesehatan, daun kelor (Moringa Oleifera) sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Daun kelor ini mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti antioksidan, Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, dan Zat Besi yang sangat tinggi.

Sehingga apabila mengkonsumsi daun kelor dengan teratur setiap harinya, maka kita dapat merasakan manfaatnya. Sedangkan untuk memanfaatkan daun kelor ini, kita dapat memasaknya untuk dijadikan sayur atau diolah menjadi teh dengan cara mengolahnya dengan cara dikeringkan.

Segenggam daun kelor berbobot 25 gram mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, potasium tiga kali kandungan pisang, Vitamin A empat kali kandungan susu, dan mengandung protein dua kali lebih banyak dari susu.

Tentu saja, semua diperhitungkan dengan bobot yang sama. Itulah salah satu bagian paparan Prof. Ricardo Patricio, peneliti daun kelor dari Filipina dalam seminar The Miracle Tree, Future Plant for Nutrition and Healing pada 7 Mei 2015.

Selain beberapa keunggulan diatas ternyata ada juga manfaat yang lain daripada yang lainnya. Terutama dalam masyarakat suku Jawa masih banyak yang mempercayai bahwa pohon kelor ini sering dihubungkan dengan hal-hal mistis. Pohon ini sering dipercayai oleh masyarakat bisa digunakan untuk mengusir roh jahat yang merasuki dalam tubuh seseorang dan mengusir atau menjaga rumah dari gangguan roh jahat.

Dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas maka penulis selaku peserta Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah 75 UIN Walisongo Semarang ingin berbagi pengetahuan alih-alih pelatihan kepada khalayak umum, khususnya masyarakat Perumahan Puri Bunga Desa Jambon Kelurahan Ungaran –tempat dimana penulis mengaplikasikan berbagai program KKN– tentang bagaimana memanfaatkan daun kelor yang kaya akan manfaat, untuk dijadikan minuman teh herbal. Dalam pelatihan ini, menjelaskan bahwa daun kelor memiliki manfaat yang banyak dan dalam pembuatan teh daun kelor ini sangatlah mudah.

Baca juga:  Hilangnya Esensi Hukum dalam Agenda Politik

Berikut penulis bagikan langkah-langkah pemanfaatan daun kelor untuk dijadikan teh daun kelor yang kaya akan manfaat;
1. Petik daun kelor, pilihlah yang tidak terlalu muda, dan kemudian pisahkan dari batangnya.
2. Rendam daun kelor dengan yang telah dipisahkan agar menghilangkan kotoran.
3. Keringkan daun kelor ditempat terbuka, letakkan di nampan atau di kardus. Dan usahakan jangan dijemur langsung dibawah matahari. Cukup dianginkan di tempat terbuka agar tidak mengurangi kandungan gizi didalamnya.
4. Proses pengeringan dilakukan sekitar 2 minggu, sambil di bolak-balik agar daun kelor mengering secara merata dan tidak menempel satu sama lainnya.
5. Apabila daun kelornya sudah kering masuk ke tahap penyimpanan, sebelum disimpan daun kelor bisa di tumbuk hingga halus, atau tidak dihaluskan.
6. Setelah selesai, simpanlah ditempat yang bersih dan kering.

Kemudian penulis juga akan membagikan cara menyeduh teh daun kelor sehingga dapat dinikmati sebagai teh herbal:
1. Ambil 1 atau 2 sendok, teh daun kelor
2. Rebus dengan air mendidih 2 gelas sampai 5 menit
3. Rebuslah sampai air teh kelor hingga tersisa 1 gelas
4. Kemudian sajikan teh kelor, dengan disaring atau tidak disaring.
5. Jika ingin manis bisa ditambah dengan madu sesuai selera.

Baca juga:  Islam Damai di Bumi Nusantara

Diatas telah dijelaskan tata cara pembuatan dan penyeduhan teh daun kelor, dan ternyata setelah dimengerti bahwa pembuatan teh daun kelor ini sangatlah mudah dilakukan dirumah. Sehingga sangat dianjurkan setiap rumah untuk menanam daun kelor di pekarangan rumah masing-masing.

Karena pohon kelor ini sangatlah memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Kemudian untuk perihal rasa teh daun kelor ini pun tidaklah beda dari teh yang lainnya, dan menurut penulis memiliki bau dan rasa yang khas.

Banyak sekali sebutan untuk pohon kelor ini, di antaranya pohon sejuta manfaat. Hasil studi yang dilakukan oleh berbagai Negara, menunjukkan bahwa hampir semua bagian dari pohon kelor memiliki manfaat.

Beberapa manfaat daun kelor:
1. Sumber pangan
Hampir semua bagian tanaman kelor dapat menjadi sumber pangan yang mempunyai nilai nutrisi tinggi, mulai dari daun, batang, buah, bunga maupun akar yang masih muda.

2. Obat alami
Secara tradisional setiap bagian pohon kelor dapat digunakan untuk menanggulangi demam. Daun kelor biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala atau pusing. Untuk menghentikan pendarahan dari luka kecil di kulit daun kelor yang masih muda dihaluskan kemudian ditempelkan di bagian kulit yang luka. Daun keor berfungsi sebagai antibiotic dan anti pembengkakan akibat gigitan serangga.

Ekstrak daun kelor dapat digunakan sebagai anti bakteri dan anti jamur pada kulit. Seduhan teh daun kelor dapat mengobati tukak lambung atau diare. Bunga kelor dalam bentuk jus dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas air susu ibu, dapat mengatasi masalah pada saluran kencing atau melancarkan buang air kecil.

Baca juga:  Buaya Hewan Setia tapi Diidentikan dengan Lelaki Hidung Belang

3. Pakan ternak
Dari semua bagian pohon, seperti kulit kayu, daun, dan batang pohon yang masih muda, dapat digunakan untuk pakan ternak. Kelor merupakan bahan pakan yang bagus bagi kambing maupun domba dengan perbandingan 70% kelor 10% daun dari tanaman gamal dan 20% daun dari tanaman lain.

4. Penjernih air
Serbuk biji kelor dapat digunakan untuk menjernihkan air. Perlakuan dengan serbuk bji kelor dapat menghilangkan kontaminan bakteri 90-99% sehingga dapat diperoleh bukan saja air bersih, tetapi juga air yang sehat.

5. Pupuk organik
Bungkil biji kelor merupakan limbah dari dari ektraksi minyak tidak dapat dimakan karena diperkirakan mengandung substansi yang membahayakan. Meski begitu kandungan mineral dan proteinnya yang tinggi membuatnya sangat baik untuk digunakan sebagai pupuk.

Dari seluruh penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, pohon kelor dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Seluruh bagian pohon kelor dapat diolah dan digunakan dalam lingkungan maupun untuk kesehatan diri.

Pengolahan kelor juga sangat mudah dilakukan dirumah, sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk menggunakannya. Dengan ini penulis mengharapkan untuk warga agar dapat mengambil manfaat dari pohon kelor dengan baik untuk kesehatan bersama.

*Mahasiswi Semester 7 Jurusan Perbankan Syariah UIN Walisongo dan peserta KKN R DR 75 UIN Walisongo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here