Tanggapi Tuntutan Mahasiswa, Kemenag Keluarkan Keputusan Keringanan UKT

0
1521
Website | + posts

Justisia.com-Menanggapi tuntutan para mahasiswa untuk menurunkan biaya uang kuliah tunggal (UKT), Kementerian Agama mengeluarkan Keputusan berupa keringanan UKT yang dikeluarkan pada Jum’at (12/06/2020).

Dalam Keputusan Menteri Agama RI No. 515 Tahun 2020 tersebut tercantum 10 diktum yang diantaranya menyebutkan  Keringanan UKT bagi Mahasiswa Program Diploma dan Sarjana Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang mana keringanan tersebut dalam diktum selanjutnya dijelaskan dapat berupa pengurangan UKT atau perpanjangan waktu pembayaran UKT.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Fachrul Razi tersebut juga disebutkan dalam diktum keempat bahwa

“Keringanan sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA dan Diktum KETIGA dapat diberikan apabila mahasiswa dapat menunjukkan kelengkapan bukti/keterangan yang sah terkait status orang tua/wali, yang meninggal dunia, mengalami pemutusan kerja, mengalami kerugian usaha atau dinyatakan pailit, mengalami penutupan tempat usaha, atau menurun pendapatannya secara signifikan,” ujarnya.

Permohonan tersebut, dapat dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan atau luar jaringan (Diktum KELIMA) dan dalam Diktum KETUJUH dijelaskan bahwa Rektor menetapkan mekanisme pelaksanan keringanan UKT pada PTKN sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU.

Demikian keputusan ini diindahkan agar PTKN dapat menjalankan keputusan sebagaimana mestinya.

Reporter: Popo
Penulis: Popo
Editor: Harli

Baca juga:  Sistem Pemilihan Ketua Ormawa Belum Ditentukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here