Sebagai Pusat Informasi, Posko 75 KKN UIN Walisongo Pasang Plang

0
82
Mahasiswa Posko 75 KKN UIN Walisongo di Desa Kemujan Karimunjawa setelah pemasangan plang pusat informasi dan petunjuk arah desa, Rabu (12/2/2020) / Foto: Dok. Posko 75 KKN UIN Walisongo

Karimunjawa, Justisia.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN-MIT) ke 9 Posko 75 UIN Walisongo Semarang pasang plang di beberapa titik pada Rabu (12/2).

Kegiatan pemasangan plang merupakan program kerja dari divisi lingkungan dengan tujuan memberikan informasi untuk warga sekitar dan para tamu yang datang di Dusun Mrican, Karimunjawa.

Dengan diadakanya kegiatan ini diharapkan tamu yang datang di Dusun Mrican, Desa Kemujan bisa mengerti arah lokasi yang akan dikunjungi; seperti arah Agro Wisata Rumput Laut dan petunjuk arah rumah RT/RW setempat.

Plang yang digunakan dibuat dari bahan dasar kayu dan memanfaatkan limbah kayu sisa potongan bahan bangunan, sehingga dalam proses pembuatan tidak membutuhkan biaya terlalu banyak serta ramah lingkungan.

Limbah kayu sisa bahan bangunan tersebut diperoleh dari salah satu warga Dusun Mrican yang kebetulan berprofesi sebagai pengrajin kayu. Selain memanfaatkan limbah kayu, konsep serta bentuk yang kami gunakan tidaklah sembarangan, melainkan dibuat tampak menarik serta informatif.

“Selain menjalankan program kerja, kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat sekitar. Karena bukan apa yang kita dapat dari masyarakat namun apa yang telah kita berikan kepada masyarakat sehingga bermanfaat untuk kemaslahatan umat,” tutur mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Ichsan yang juga sebagai Koordinator Desa Posko 75 KKN UIN Walisongo.

Baca juga:  Abraham Samad: Korupsi adalah Genosida Peradaban

Sementara Kepala Dusan Mrican, Ubaidurrohman, mengatakan pemasangan plang tersebut adalah hal positif karena bermanfaat untuk masyarakat desa.

“Untuk teman-teman KKN UIN jangan mudah putus asa dalam bermasyarakat, karena apa yang kita anggap benar belum tentu benar dimata mereka. Saya berharap setelah kalian lulus dari perkuliahan, bermasyarakatlah dengan memikirkan kepentingan umum,” ujar Ubaidurrohman. (Chan,Shobih/Sonia)

Reporter: Ichsan & Shobih

Editor: Sonia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here