Reshuffle Kabinet, Jokowi Tunjuk 6 Nama Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju.

0
118
Credit Foto: Republika.co

Jakarta, Justisia.com – Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle jajaran Kabinet Indonesia Maju sore ini, selasa, 22 Desember 2020 dari Istana Negara. Perombakan jajaran menteri dilakukan dipenghujung tahun 2020 ini.

Melalui siaran langsung tersebut, Jokowi mengumumkan 6 nama-nama baru calon Menteri yang akan mengisi beberapa pos Kementerian Kabinet Indonesia Maju.

“Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu”, kata Jokowi dipantau dari tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Secara berurutan Jokowi memperkenalkan nama-nama calon anggota Kabinet Indonesia Maju sebagai berikut:

Pertama Jokowi menunjuk Tri Rismaharani sebagai Calon Menteri Sosial.
“Yang pertama adalah Ibu Tri Rismaharini, beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini akan diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial”, ujar Jokowi.

Baca juga:  Atlet Voli Filipina Puji Kehebatan Timnas Indonesia

Risma menggantikan Juliari P. Batubara yang baru- baru ini terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona.

Kedua Jokowi menunjuk Sandiaga Salahudin Uno sebagai Calon Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
“Beliau dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta dan juga Ketua HIPMI yang saat ini akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Jokowi.

Ketiga, Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Calon Menteri Kesehatan.
“Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, Direktur Utama PT. INALUM, dan Wakil Menteri BUMN. Dan sekarang diberikan tanggung jawab sebagai Menteri Kesehatan,” jelas Jokowi.

Keempat, Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Calon Menteri Agama.
“Beliau adalah tokoh muslim Ketua PP. GP Ansor dan akan diberikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ujar Jokowi.

Kelima, Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Calon Menteri Kelautan dan Perikanan.
“Beliau saat ini menjadi Wakil Menteri Pertahanan, dan akan diberikan tanggung jawab sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Jokowi.

Sakti Wahyu Trenggono menggantikan Edhy Prabowo yang terkena kasus dugaan korupsi ekspor benur.

Baca juga:  Semarak Hari Santri, KKN UIN Walisongo Adakan Lomba Anak-Anak

Keenam, Jokowi menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Calon Menteri Perdagangan
“Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, Menteri Perdagangan, Dubes Indonsia di Jepang, dan terakhir menjadi Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan diberikan tugas memimpin Menteri Perdagangan,” ujar Jokowi.

Kabarnya para nama baru tersebut sudah dipanggil ke Istana sejak kemarin dan akan dilantik besok Rabu Pon, (23/12) Pagi.

Semuanya enam calon menteri yang ditunjuk itu mengenakan jaket berwarna biru yang melapisi kemeja putih. Para calon Menteri tersebut juga mengenakan masker dan juga pelindung wajah (face shield).

Dalam pengumuman reshuffle Kabinet Indonesia Maju ini Jokowi mengenakan kemeja putih ditemani Wapres Ma’ruf Amin. [Red. Musyaffa’]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here