Rektor UIN Walisongo Kukuhkan Musahadi sebagai Guru Besar

0
383

Semarang, justisia.com, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq kukuhkan Musahadi sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Rabu (08/01/2020). Musahadi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Rektor UIN Walisongo periode 2015-2019, Muhibbin Nur.

Sidang Senat Terbuka dihadiri oleh seluruh anggota Senat serta sivitas akademik di Lingkungan UIN Walisongo. Hadir juga perwakilan Pangdam IV Diponegoro, perwakilan Polda Jawa Tengah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, beberapa Rektor atau Ketua Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, serta perwakilan organisasi masyarakat keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah wilayah Jawa Tengah.

Dalam Sidang yang terbuka untuk umum, Musahadi menyampaikan pidato pengukuhannya dengan judul Fikih Prasmanan: Mencermati Dsirupsi di Bidang Hukum Islam. Ia mengatakan bahwa tantangan di era disrupsi (serba ketidaktentuan, red) adalah di antaranya transisi manusia dari dunia nyata ke dalam dunia digital.

“Perubahan di era disrupsi ini kejam. Dia bisa menggilas lembaga, industri, dan profesi tanpa ampun. Perubahan di era ini tidak lagi bersifat gradual, melainkan seperti ledakan gunung berapi yang membunuh ekosistem dan menggantinya dengan ekosistem yang baru sama sekali. Salah satu yang sangat penting untuk menghadapi perubahan ini adalah soal kurikulum yang harus selalu update dan kompatibel dengan perubahan-perubahan tersebut,” ujarnya saat diwawancarai Suara Merdeka, Selasa (07/01/2020).

Baca juga:  Gagal Berangkat, Peserta KKL Terancam Dapat Nilai Jeblok

Imam Taufiq memberi tanggapan positif atas pidato yang disampaikan Musahadi.

“Fikih Prasmanan adalah sebuah respon kritis menyikapi persoalan milenial. Gagasan Fikih Prasmanan ini bagi saya sangat relevan dengan keadaan sekarang,” tuturnya.

Sidang yang dihadiri sekitar lima ratus peserta ditutup dengan penampilan dari Musahadi dengan menyanyikan lagu hasil ciptaannya.

“Karena 2020 UIN (Walisongo, red) genap 50 tahun, maka saya akan nyumbang (menyanyikan lagu, red) dalam rangka ulang tahun UIN,” jelasnya diikuti gelak tawa peserta.

Reporter: Afif
Penulis: Afif
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here