Pra PBAK FSH 2020 Pusatkan Sejarah Kampus dan Peran Mahasiswa

0
223
Website | + posts

Semarang, Justisia.com – Pra Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) daring Fakultas Syariah dan Hukum tahun 2020 ini mengusung tema “Kepahaman Historis dan Peran Aktif Mahasiswa Baru Fakultas Syariah dan Hukum”.

Tujuannya supaya calon mahasiswa baru mengetahui sejarah UIN Walisongo, pergulatan kebutuhan rakyat, dan lain-lain. Demikian disampaikan oleh Ketua DEMA Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), M. Azmi Ali.

“Peran aktif mahasiswa karena kan sekarang sistemnya online. Ini agar membantu mahasiswa baru, karena mereka yang tidak tahu kehidupan mahasiswa sebenarnya, agar bisa diarahkan. Karena kalau dulu kita itu kan kehidupan mahasiswa setelah masuk kampus, karena ini sistemnya online maka perlu dipahamkan tugas dan kewajiban terkait akademik, tugas, serta tanggung jawab sosialnya,” lanjut pria yang akrab disapa Azmi tersebut.

Azmi menyampaikan bahwa pra PBAK tahun ini tidak terlalu bernuansa hukum karena tujuannya bukan workshop hukum. Melainkan untuk memberi pemahaman kepada para mahasiswa baru terkait genealogi UIN Walisongo, peran aktif mahasiswa terhadap sosial, keorganisasian baik di dalam kampus ataupun di masyarakat, tidak hanya urusan kuliah.

Kemudian Azmi menyampaikan terkait pra PBAK ini yang masih satu rangkaian dengan acara PBAK resmi, tujuannya untuk mensosialisasikan kepada mahasiswa baru tentang kegiatan PBAK resmi nantinya.

Mengingat tahun ini online yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya, maka mahasiswa baru harus mempunyai gambaran bagaimana pelaksanaannya. Tidak ketinggalan pula mahasiswa baru akan memperoleh sertifikat dari kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana PBAK FSH 2020, Hisbi, juga menyampaikan bahwa dalam keadaan new normal, mahasiswa baru tidak hanya di rumah, namun juga bisa berinteraksi sosial terhadap perannya sebagai mahasiswa.

“Karena new normal ini sebagai gerbong kita untuk bermasyarakat, maka dari itu new normal ini seharusnya mengajarkan kita untuk lebih kreatif.” tukas Hisbi.

Reporter: Selma
Penulis: Ike

Baca juga:  Persebaran Virus Corona Meluas, Pimpinan Masih Siapkan Tindakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here