Pelatihan Jurnalisme Sastrawi Semarakan Kongres PPMI XV

0
169
Wartawan senior, Andreas Harsono saat mengisi kelas bertajuk Jurnalisme Sastrawi dalam Kongres Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia ke XV di Madura, Kamis (13/2/2020) / Foto: Sidik

Madura, Justisia.com – Pelatihan jurnalisme sastrawi menyemarakan kongres Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) ke XV di Vihara Avalokitesvara, Madura, Kamis (13/2/2020).

Pelatihan jurnalisme sastrawi ini merupakan rangkaian kegiatan dari Kongres Nasional PPMI ke- XV yang digelar pada 12-17 Februari 2020 di Vihara Avalokitesvara, Pamekasan, Madura.

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 70 peserta ini diisi langsung oleh wartawan senior, Andreas Harsono; Alumni kursus jurnalisme sastrawi Pantau, Mohammad Tamimi dan Aprilia Trianingsih.

Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan pers mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain menjadi bagian acara kongres, pelatihan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan insan pers mahasiswa mengenai penulisan jurnalisme sastrawi. Hal ini sebagaimana yang tertulis dari deskripsi acara yang dipublikasikan panitia.

“Pelatihan jurnalisme sastrawi ini dilakukan untuk memperdalam pengetahuan dan kemampuan teman-teman Pers Mahasiswa dalam menuliskan karya jurnalistik dengan gaya bersastra, deskriptif, rinci, dan berdasarkan kebenaran,”.

Dalam kesempatan tersebut Andreas Harsono menerangkan, seorang penulis yang baik bisa membawa pembaca masuk dalam tulisannya.

Baca juga:  Ketua MGMP PAI Kota Semarang : Menyemai Kepengurusan Rohis Rahmatan Lil 'Alamin

“Salah satu perkakas menulis, menurut Roy Peter Clark, adalah menggali detail dan fakta dari nara sumber dan riset, yang akan merangsang panca indra pembaca. Penulis yang baik bisa menyasar pendengaran, penciuman, tentu saja, juga khayalan pembaca. Semua ini akan menyasar ke pikiran pembaca,” ungkap Andreas saat mengisi salah satu kelas.

Topik besar dalam Kongres PPMI ke-XV ini adalah untuk melakukan pergantian kepengurusan PPMI Nasional yang saat ini dipimpin oleh Rahmat Ali selaku Sekretaris Jenderal PPMI Nasional.

Reporter: Sidik

Editor: Sadad.aidi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here