Pandemi Corona, Liga Prancis dan Liga Belanda Diakhiri Lebih Awal

0
231

justisia.com-Pandemi global virus corona berimbas kepada hampir semua sektor kehidupan, tak terkecuali event sepak bola dunia. Eredivisie (Liga sepak bola Belanda) menjadi liga top Eropa yang mengawali untuk mebatalkan musim 2019/2020 (24/04). Lalu disusul oleh Ligue 1 (Liga sepak bola Prancis) yang menghentikan musim ini lebih awal (28/04).

Eredivisie Belanda musim ini diputuskan tidak ada klub yang menjadi juara. Pemuncak kelasemen Ajax yang mengumpulkan poin sama dengan peringkat kedua AZ Alkmaar dipastikan batal meraih titel liga. Degradasi-promosi juga ditiadakan untuk musim ini.

Oleh sebab itu, UEFA (Federasi sepak bola Eropa) meminta kepada KNVB (Federasi sepak bola Belanda) untuk memberikan daftar klub yang akan berlaga di kancah Liga Champions dan Liga Europa musim depan.

Meski liga Belanda 2019/2020 sudah memasuki matchday ke-26, pembatalan liga sudah menjadi keputusan final. Setelah Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengumumkan untuk melarang diadakannya pertandingan olahraga hingga 1 September 2020.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Perdana Menteri Prancis Edouard Phillipe yang menyatakan tidak ada event sepak bola hingga September 2020.

Baca juga:  Wisuda Daring: Inovasi Kegiatan Akademik Saat Pandemi

Hal tersebut membuat Ligue 1 Prancis memutuskan mengakhiri liga lebih awal. Berbeda dengan Eredivisie Belanda yang tidak ada juara musim ini, Ligue 1 dipastikan tetap akan memiliki juara musim ini.

LFP (Federasi sepak bola Prancis) direncanakan akan menentukan tim juara, degradasi, dan promosi pada bulan Mei mendatang.
Sementara ini, klasemen nomor satu Ligue 1 dihuni oleh Paris Saint-Germain (PSG) yang unggul 12 poin dengan pesaing terdekatnya Olimpique Marseille. PSG diperkirakan akan menjadi juara Ligue 1 musim 2019/2020.

Sementara itu, Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan La Liga Spanyol belum memberikan sinyal akan menyusul Eredivisie dan Ligue 1 untuk menghentikan liga musim 2019/2020.

Penulis: Pepi
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here