Mutualan Sama Bule Bisa Mengurangi Rasa Kesepian

0
283

Oleh: Syafrina


Justisia.com – Corona memang mengubah segala aktivitas kita. Semua harus #dirumahaja dan serba online dari yang sekolah sampai bekerja. Bagi mereka yang memiliki pacar juga harus LDR (Long Distance Relationship) karena gak bisa lagi malem mingguan di bioskop atau sekedar jalan ke alun-alun kota untuk menikmati jajan dari abang tukang siomay.


Mungkin bagi para jomblo sudah biasa dengan suasana kesendirian. Hal yang berbeda di masa pandemi ini adalah para jomblowan ini gak bisa curi-curi pandang lagi sama doi. Cuma bisa jadi viewer story. Kebanyakan dari jomblo merasa prihatin ketika melihat whatsapp yang nol chat dan kerjaannya ya scroll instagram sama twitter, nonton youtube atau marathon streaming drakor.


Well, saya paham dengan perasaan itu. Kalian tidak sendiri, coy. Tapi, saya juga tidak ingin terus menerus dalam siklus hidup tersebut. Saya ingin berinteraksi dengan orang baru. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk membuka Play Store untuk mengunduh aplikasi chatting online.


Saya menemukan aplikasi yang tepat, menurut saya. Aplikasi itu menghubungkan kita dengan orang luar negeri secara langsung atau bisa dibilang mutualan sama bule. Ada beberapa keuntungan yang kalian dapatkan jika mencoba berkenalan dengan orang baru.

Baca juga:  Farid Esack: Teolog Islam Pembebasan

#1 Mengenal Budaya dan Kebiasaan Mereka

Tahukah kalian, orang Brazil sangat menyukai pelukan dan ciuman? Ternyata Maladewa adalah negara yang seluruh penduduknya beragama Islam. Di Prancis, keju dan minuman anggur merah dijadikan sebagai pencuci mulut. Orang Malta lebih banyak bermigrasi ke negara lain dibandingkan tinggal di negara mereka sendiri.


Itulah beberapa fun fact yang saya tahu tentang negara mereka. Tentu tidak banyak orang yang mengetahui apalagi diajarkan di sekolah. Walaupun sebenarnya kalian bisa mencari sendiri di internet, tapi rasanya akan berbeda jika kita tahu langsung dari warga lokal.

#2 Belajar Bahasa

Bahasa adalah cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Walaupun aplikasi ini secara otomatis menerjemahkan ke dalam bahasa kita, tapi apa salahnya kita sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris.


Pada awalnya saya menggunakan bahasa Indonesia dan saat diterjemahkan ke bahasa mereka menjadi berbeda arti. Mereka tidak mengerti dan meminta saya untuk menuliskan ulang. Keadaan inilah yang memaksa saya untuk menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga:  Ditanya Soal SK, Wakil Rektor III dan Dema Saling Lempar Tanggung Jawab


Saya memiliki teman berasal dari Maroko dan dia menggunakan bahasa Arab. Asal kalian tahu, tidak semua orang Maroko bisa menggunakan bahasa Arab, mereka juga menggunakan bahasa Prancis. Saat itu saya ada tugas kuliah untuk mengerjakan Bahasa Arab I. Saya meminta tolong untuk mengerjakannya, dan dengan senang hati dia membantu mengerjakan tugas saya. By the way, ini jangan ditiru ya. Heuheuheu

#3 Memiliki Teman Untuk Berbagi Cerita

Para jomblo yang kerjaannya stalking instagram mantan atau yang suka nge-retweet cuitan orang lain, dan juga yang whatsappnya nol chat, bisa juga berbagi cerita dengan mereka. Saling ngobrol dengan teman baru adalah sesuatu yang menyenangkan.


Tidak menutup kemungkinan kalian akan bertemu dengan orang yang memiliki hobi yang sama. Kalian bisa membuat topik pembicaraan menjadi lebih luas. Walaupun hanya ngobrol tentang film, olahraga, politik sampai teori konspirasi, setidaknya kalian punya teman berbagi cerita.


Itulah beberapa manfaat mutualan dengan bule melalui chatting online. Kalian bisa mengisi waktu luang dengan memperluas jaringan pertemanan. Dan pastinya akan menambah wawasan kalian tentang segala budaya yang ada di dunia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here