Meningkatkan Ekonomi Melalui Pasar Tiban

0
113
Pasar Tiban di Desa Prampelan, Demak, yang buka setiap Selasa mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB / Kredit foto: Tim KKN UIN Walisongo Posko 36
Website | + posts

Demak, Justisia.com – Subkhan, Kepala Desa Prampelan (35) meresmikan Pasar Tiban di Desa Prampelan, Kec. Sayung, Kab. Demak, Selasa (4/2/2020).

Pasar Tiban diadakan untuk meningkatkan perekonomian Desa Prampelan dan sekitarnya.

“Saya berharap dengan adanya Pasar Tiban ini dapat meningkatkan perekonomian desa dan masyarakat dapat tergugah tentang pentingnya UMKM,” ucap Subkhan.

Pasar Tiban diresmikan pada 4 Februari 2020 yang dihadiri oleh Tim KKN MIT 9 UIN Walisongo dan Karang Taruna Desa Prampelan.

Pasar Tiban dibuka setiap hari Selasa pukul 16.00 – 21.00 WIB. Tim KKN MIT 9 UIN Walisongo Posko 36 bekerjasama dengan Karang Taruna Desa dalam mewujudkan Pasar TIban, yaitu membantu dalam menyiapkan lahan, berkontribusi, pengiklanan, dan keamanannya.

“Saya Senang bisa berjualan di Pasar Tiban ini, Alhamdulillah pemasukan kebutuhan sehari-hari keluarga saya tercukupi,” ucap Komariah. (50) pedagang dari Desa Prampelan.

Pasar yang tepatnya berada di lapangan sebelah kelurahan itu banyak pedagang yang menjual berbagai macam pakaian, makanan, minuman, mainan, dan masih banyak lagi.

Adanya Pasar Tiban ini, masyarakat menjadi semakin antusias ingin mengunjunginya setiap hari Selasa. Tidak hanya dari warga Prampelan saja, banyak warga dari daerah lain juga yang sangat antusias dengan Pasar Tiban.

Pasar Tiban ini bukan hanya kalangan pedagang saja yang mendapat keuntungan, kas desa juga memperoleh keuntungan untuk dimasukan dalam kas desa.

“Untuk pengelolaan Pasar Tiban ini diambilkan dari dana kas yang berasal dari tarikan sewa tempat pedagang dan juga parkir yang nanti akhirnya akan digunakan untuk membayar listrik dan kebersihan tempat misalnya,” ucap Wildan (22) Wakil Ketua Karang Taruna. (Qonita, Harum/M2SP6)

Reporter: Qanita, Harum
Penulis: Qanita, Harum
Editor: Sidik

Baca juga:  LRC-KJHAM Gelar Konferensi Pers Refleksi Konvensi CEDAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here