Mahasiswi HKI Raih Juara 2 Lomba Essay Tingkat Provinsi

0
375
Nadiyah Assyhyah / Kredit foto: Nadiyah Assyhyah

Semarang, Justisia.com – Mahasiswi jurusan Hukum Keluarga Islam, Nadiyah Assyhyah berhasil meraih juara 2 pada lomba essay tingkat Provinsi Jawa Tengah dan DIY yang diadakan oleh FORMAHII (Forum Mahasiswa Hukum Islam Indonesia), Rabu (26/2/2020).

Lomba yang diiselenggarakan di IAIN Kudus ini diikuti oleh mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam dari seluruh universitas negeri maupun swasta di provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Essay Nadiyah demgan judul “Pengalihan Fakta Sejarah dari yang Sakral Menuju Struktural” berangkat dari tema “fenomena munculnya kerajaan baru dalam sudut pandang hukum Islam dan hukum positif Indonesia” yang telah ditentukan oleh FORMAHII.

“Penyebab munculnya kerajaan baru karena masih kurangnya kesejahteraan. Masyarakat diiming-imingi uang dan mudah tertipu yang menandakan masyarakat masih belum sejahtera dalam hal ekonomi dan spiritual,” tutur Nadiyah mengenai salah satu faktor mengapa masyarakat mengikuti kerajaan-kerajaan fiksi.

“Kurangnya literasi sejarah, karena kerajaan yang sebenarnya itu bersifat sakral sedangkan kerajaan baru ini bersifat struktural, dan masyarakat minim literasi mengenai sejarah,” tambah Nadiyah.

Baca juga:  Jadwal Wisuda ke-79 Resmi Dirilis

Mahasiswi kelahiran Lamongan tersebut menggunakan analisis sosial, sejarah, dan ekonomi sebagai pendekatan.

Lomba essay ini merupakan salah satu rentetan acara yang diadakan oleh FORMAHII. Forum yang khusus beranggotakan mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam/Ahwalus Syakhsiyah dari seluruh penjuru Indonesia ini juga menyelenggarakan seminar dan sharing pengalaman dari para mahasiswa.

“Di FORMAHII juga diperkenalkan dengan budaya yang ada di sekitar Kudus seperti di Museum Jenang, (dan) kita diperkenalkan untuk pembelajaran mencintai untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal untuk peradaban dunia,” pungkasnya. (Pepi/Am).

Reporter: Pepi
Penulis: Pepi
Editor: Afif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here