Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kalibrasi Waktu Salat

0
44
Website | + posts

Bandung, justisia.com-Bertepatan dengan hari santri Nasional 22 Oktober 2020, Ilham Nurbali Romli selaku mahasiswa KKN Dari Rumah Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang melaksanakan kegiatan Kalibrasi Jam Waktu Shalat di Masjid sekitar desa Bojongsari, Bandung, Jawa Barat yang merupakan tempat Mahasiswa tersebut melaksanakan KKN.

Program ini dilaksanakan karena melihat perbedaan waktu adzan yang terjadi di masjid-masjid yang ada di sekitar desa.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengkalibrasi jam masjid adalah dengan mencocokan jam masjid setempat dengan jam BMKG yang merupakan patokan akurat waktu nasional Indonesia yang dapat dibuka melalui laman website www.jam.bmkg.go.id.

“Memang perbedaan waktu adzan di daerah sekitar ini selalu terjadi. Entah itu berbeda 2 menit bahkan ada yang sampai berbeda 5 menit lebih dan hal ini harus diperbaiki agar ada keseragaman antara satu masjid dengan masjid yang lain,” ujar Ust. Ujang Iyun selaku Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Khusnul Khatimah.

“Jam BMKG ini sudah akurat untuk digunakan menjadi patokan waktu kita karena BMKG sudah menggunakan alat yang canggih untuk mendapatkan hasil yang akurat,” ujar Ilham Nurbali Romli saat memberikan penjelasan kepada DKM Masjid, Kamis (22/10/2020).

Program ini diapresiasi oleh para DKM Masjid karena kalibrasi ini dianggap sangat diperlukan dalam penyeragaman kumandang azan di setiap masjid untuk kepentingan umat Islam saat melaksanakan ibadah salat.

“Satu hal yang harus digaris bawahi, bahwa kalibrasi ini sangatlah penting dilakukan agar setiap azan yang dikumandangakan oleh setiap masjid sudah memasuki waktu salat dan tidak kurang,” tambahnya.

Penulis: Ilham
Editor: Harli

Baca juga:  Penelantaran Bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here