Karang Taruna Yodha Karya Lakukan Penyemprotan Secara Swadaya

0
276

Sragen, justisia.com– Karang Taruna Yodha Karya Dukuh Toro, Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen melakukan penyemprotan secara swadaya ke seluruh rumah di Dukuh Toro pada Minggu (05/04/2020).

Penyemprotan yang dilakukan para pemuda ini merupakan langkah antisipasi guna mencegah adanya Covid-19. Menurut penuturan Ketua RT 08, Hadi Sukarno, penyemprotan ini diinisiasi oleh para pemuda yang melakukan penyemprotan pertama, pada 31 Maret 2020 yang lalu.

“Melihat apa yang dilakukan oleh para pemuda ini adalah kegiatan yang sangat positif dan keren ini maka, saya mengusulkan bila penyemprotan selanjutnya (penyemprotan kedua dan seterusnya) untuk pembelian disinfektan dilakukan dengan cara swadaya oleh seluruh warga,” tutur bapak dua anak ini saat ditemui di kediamannya.

Menurut Pak Karno, untuk mengadakan penyemprotan secara swadaya tersebut  warga Dukuh Toro melakukan iuran sebesar Rp.5000 untuk sekali penyemprotan.

Apa yang dilakukan oleh puluhan pemuda ini mendapat respon positif oleh warga Dukuh Toro yang terdiri dari RT 08 dan RT 09. Mengutip penuturan ketua RT 09, Supadi, dirinya merasa senang melihat kekompakan dari para pemuda.

Baca juga:  Nyadran: Wujud Berdamai dengan Alam

“Tindakan para pemuda ini sangat baik. Setidaknya kami merasa lebih tenang dengan adanya penyemprotan ini. Kami warga sangat mendukung kegiatan seperti ini. Lalu kami mengharapkan penyemprotan dilakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Penyemprotan ini dilakukan dengan menggunakan dua cara secara bersamaan. Yakni dengan menyemprotkan disinfektan pada jalan-jalan Dukuh dengan menggunakan mobil bak terbuka dan dengan menyemprotkan disinfektan pada setiap-setiap rumah warga.

Sebelum melakukan penyemprotan, para pemuda berkumpul di kediaman salah satu anggota Karang Taruna Yodha Karya yang bernama Wisnu Wahendra guna meracik disinfektan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat disinfektan antara lain pemutih, pembersih lantai dan karbol dengan perbandingan 2:4:5.

Berdasarkan pernyataan Ketua Karang Taruna Yodha Karya, Sigit Hartono, penyemprotan ini merupakan bentuk kerja sama dan pengabdian para pemuda kepada seluruh warga.

“Penyemprotan ini akan dilakukan secara berkelanjutan setiap seminggu sekali, hingga kondisi kembali normal,” ungkap Sigit saat dihubungi melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Dirinya menambahkan, semoga yang dilakukan oleh Karang Taruna Yodha Karya ini menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain guna melakukan penyemprotan pada tempat-tempat yang sering terjadi sentuhan.

Baca juga:  Ma' Baca-Baca : Perpaduan Adat Bugis dan Islam

“Saya mengucapkan terima kasih atas kekompakan para pemuda dan seluruh warga yang memberikan sumbangsih dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Reporter: Sidik
Penulis: Sidik
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here