Fuhum Luncurkan Prodi Baru, Gedung IsDB Siap 100%

Rizkho Aris Munandar
Kru Magang 2020 | + posts
Anastya Mawar Dini
Kru Magang 2020 | + posts

Semarang, Justisia.comFakultas Ushuludin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang tengah merencanakan adanya program studi baru, yakni Program Studi Sinematografi. Berdasarkan workshop kedua Fuhum pada Rabu (11/11), program studi ini masih dalam tahap pengkajian dan pengembangan di bidang akademik.

“Kampus sudah mempersiapkan segala keperluannya termasuk ruang kuliah dan sistem perkuliahan yang digilir,” ungkap Adnan, Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK).

Adnan menambahkan, gedung untuk Prodi Sinematografi sudah matang dipersiapkan. “Sudah, gedung IsDB sudah siap 100%,” ujarnya.

Program Studi Sinematografi merupakan program studi yang sudah terdaftar dalam program Kemendikbud. Hal ini disampaikan oleh Sulaiman, Wakil Dekan I Fuhum UIN Walisongo Semarang.
Sulaiman menjelaskan bahwa di UIN Walisongo ini ada dua naungan regulasi, yaitu Kemendikbud dan Kemenag. “Kami ingin di Fuhum ini ada naungan juga dari Kemendikbud, makannya kami membentuk Program Studi Sinematografi,” imbuh pria berbaju batik merah ini.

Selain berkaitan dengan ilmu humaniora, beliau menyebutkan bahwa Program Studi Sinematografi merupakan salah satu bentuk kolaborasi ilmu keagamaan dengan ilmu umum di Fuhum. Sulaiman juga menambahkan bahwa pembentukan Program Studi Sinematografi sudah diwacanakan sejak tahun 2018 dan baru dapat terealisasi pada tahun 2020.

“Terkait pengembangan program studi baru ini, masih akan ada workshop selanjutnya untuk pembahasan lebih lanjut,” kata Sulaiman saat diwawancarai oleh Kru Justisia.

“Program Studi Sinematografi merupakan otoritas dari pimpinan Fuhum, nanti tentang persetujuan rektor itu bersifat otomatis,” imbuhnya.

Sulaiman berharap dengan adanya Program Studi Sinematografi akan menjadikan UIN Walisongo sebagai Universitas Islam Negeri pertama di Indonesia yang memprakarsai adanya program studi ini sehingga dapat menyetarakan kampus UIN dengan kampus umum lainnya.

Reporter: Rizkho Aris Munandar dan Anastya Mawar Dini
Penulis: Rizkho Aris Munandar dan Anastya Mawar Dini.
Editor: Nur Khasanah

Baca juga:  Wadyabala Justisia Sabet Juara 1 Lomba Esai Pekan Raya Syariah Unissula Semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here