Fatchurrohman: Tesis Terbaik Berkat Sedekah dan Relasi

0
123
Website | + posts

Semarang, Justisia.com – M. Fathurrohman, Seorang mahasiswa pasca sarjana jurusan Ekonomi Syari’ah dari Kendal berhasil mendapatkan prestasi berkat Tesisnya.

Tesisnya yang berjudul “Batasan Pendapatan Halal Bunga Dalam Kriteria Daftar Efek Syari’ah Pada Inklusivitas Lembaga Keuangan Syari’ah di Indonesia” didapuk sebagai tesis terbaik saat pelaksanaan wisuda ke-77 di Auditorium kampus 3 yang dilaksanakan Rabu (29/01/2020).

Mahasiswa kelahiran 18 Januari 1993 ini mengaku membutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan dalam penggarapan tesisnya, 4 bulan ia habiskan untuk mencari data, 1 bulan untuk analisis data, dan 4-5 hari untuk penulisannya.

Ia menjelaskan bahwa 4 bulan pengumpulan data ini digunakan untuk menemui beberapa pihak yang bertugas dalam pembuatan kebijakan sehubungan dengan bahan penelitiannya. “Alhamdulillah bisa ketemu di Solo, di Surakarta, sama di Jogja, di Kudus, terus yang terakhir di Semarang,” rincinya.

Selain usaha di atas, Fathur juga melakukan beberapa Ikhtiar tambahan yang menunjang penulisan tesisnya. Salah satunya adalah sedekah yang menurutnya membuat usaha lebih mudah, “paling tidak sering shadaqah, alhamdulillah dari tesis itu tidak ada kendala, bimbingan jarang banget revisi” jelasnya saat diwawancarai di kampus 1.

Ia mengaku bahwa dengan sering memberi shadaqah pada orang-orang yang membantu penelitiannya, pihak-pihak yang berhubungan dengan pengurusan tesisnya sedikit banyak memiliki hubungan yang baik dengannya, mulai dari dosen pembimbing yang sudah percaya kemampuannya, hingga pengurus LP2M yang ternyata temannya sendiri.

Menurutnya relasi juga penting karena bisa mempermudah penelitian. Dengan adanya relasi ini, ia mengaku bisa terhubung dengan beberapa pengurus OJK pusat, MUI pusat, dan BI pusat. Ia tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta karena ternyata bisa bertemu dengan beberapa narasumber saat acara di Jawa Tengah. “Kenapa kok saya bisa berhasil, karena ada temen-temen yang mendukung saya,” tegasnya.

Penulis: Bedul dan Safrina
Editor: Nur Hikmah

Baca juga:  Wisuda Online Pertama, 1.661 Mahasiswa UIN Walisongo Diwisuda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here