Bunga Poppy: Cara Klub Liga Inggris Hormati Pahlawan

0
165
Bunga Poppy
Ircham Mudzakir
Kru Magang 2020 | + posts

Oleh: Ircham Mudzakir

Justisia.com – Antara akhir Oktober dan awal November sering kita temukan hampir seluruh klub sepakbola peserta Liga Inggris banyak menggunakan sebuah simbol berbentuk bunga merah pada dada jersey mereka. Simbol itu biasa disebut dengan Bunga Poppy. Namun apakah Anda sadar bahwa ada kisah memilukan di balik bunga merah yang indah itu?

Semua negara memiliki cara yang berbeda untuk menghormati atau memberikan penghargaan bagi para pahlawannya yang telah gugur maupun yang masih hidup. Begitu pula yang dilakukan negeri Ratu Elizabeth dengan mengangkat Bunga Poppy sebagai bentuk penghormatan bagi pahlawannya yang telah gugur.

Sebenarnya bukan hanya Inggris yang menggunakan Bunga Poppy sebagai bentuk penghormatan atas jasa pahlawan yang gugur di medan perang. Bunga poppy digunakan sebagai simbol penghargaan bagi para tentara sekutu yang berperang melawan tentara sentral pada saat itu.

Beberapa negara yang menggunakan Bunga Poppy sebagai penghormatan adalah Inggris, Prancis, Amerika Serikan, dll. Yang mana kesemua negara tersebut adalah pasukan Blok Sekutu pada Perang Dunia I.

Pada Perang Dunia I pada tahun 1914-1918 pertempuran brutal terjadi antara Blok Sekutu dan Blok Sentral di Lapangan Flanders, Belgia. Hingga menewaskan 400 ribu lebih pasukan sekutu yang di dalamnya terdapat pasukan Inggris.

Dan Bunga Poppy Merupakan bunga yang tumbuh di atas lapangan Fleders yang saat itu terjadi pertempuran.

Pada tahun 1915, Letnan Kolonel John McCrae menulis puisi yang menceritakan dirinya yang ditinggal mati oleh sahabatnyasaat berjuang. Puisi tersebut berjudul “In Flanders Fields”, yang kemudian puisi tersebutlah yang menginspirasi Moina Michel, relawan sebuah lembaga yang menaungi wanita. Dan pada 1918, ia memutuskan Bunga Poppy sebagai simbol penghargaan bagi pahlawan yang telah gugur.

Perayaan atau penghormatan tersebut sendiri di Inggris disebut dengan Remembrance Day yang puncak peringatannya dilakukan setiap 11 November.

Penyematan Bunga Poppy pada jersey klub Liga Inggris sendiri dipelopori oleh Klub Leicester City pada tahun 2003. Namun seluruh Klub Liga Inggris baru Menggunaan nya pada tahun 2012. Bukan tanpa halangan, ternyata arti dari Bunga Poppy sendiri masih menjadi perdebatan. Hingga, pada tahun 2016 Inggris diberi sanksi denda oleh FIFA. FIFA sendiri memiliki aturan mengenai isu politik maupun agama.

Pro dan Kontra ini disebabkan oleh isu politik yang beredar. Banyak warga Serbia dan Irlandia menolak adanya Bunga Poppy ini dengan alasan bahwa Bunga Poppy juga merupakan simbol dari segala konflik yang terjadi di Britania raya. Seperti, konflik antara tentara Inggris dan Warga Sipil Derry, Irlandia. Hingga serangan Nato pada Vlero, Serbia.

Baca juga:  Camat Perempuan Pertama KendaL; Belajar dari Realita Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here