Belajar Pake TikTok ? Emang Bisa ?

0
311

Oleh: Fajri


Justisia.com – Tiktok, sebuah aplikasi dari negeri tirai bambu belakangan ini sangat ramai diperbincangkan oleh para netizen. Bahkan, saat kita membuka twitter pasti akan ada vidio atau konten viral yang berasal dari tiktok terselip di beranda kita.


Pun saat kita membuka instagram dan melihat linimasa juga story orang yang kita ikuti pasti ada satu atau dua konten tiktok yang muncul. Begitupun yang terjadi di facebook, whatsapp dan sosial media lainnya.


Popularitas aplikasi tiktok di Indonesia tak didapatkan secara instan, sejak peluncurannya pada tahun 2016 di China aplikasi ini telah mengalami banyak lika-liku tajam. Bahkan, pernah mengalami pemblokiran oleh Kominfo pada 3 Juli 2018, mengutip dari kominfo.go.id pemblokiran ini dilakukan lantaran banyak kontennya yang negatif terutama bagi anak-anak. Namun, pemblokiran tersebut hanya berlangsung selama seminggu dan kemudian kominfo membuka kembali akses tiktok di Indonesia.


Sejak saat itu, dalam waktu singkat tiktok melejit menjadi aplikasi yang sangat populer di kalangan netizen Indonesia, melansir dari hasil riset Sensor Tower, dikatakan bahwa TikTok menempati urutan kedua dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh selama kuartal ketiga 2019 dan memiliki sekitar 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Baca juga:  Falsafah Etimologi Pendidikan Menurut Fahrudin Faiz


Dengan banyaknya fitur dan besarnya kesempatan bagi setiap orang untuk membuat konten dan menyebarkannya melalui akun mereka tanpa terbatasnya tempat dan waktu, terciptalah berbagai macam kategori konten yang dapat kita nikmati disana. Namun, tak semua konten dapat kita terima secara mentah-mentah apalagi konten yang berasal dari pihak luar yang mungkin budaya dan kebiasaan yang mereka tampilkan tidak sesuai dengan nilai-nilai moral kita.


Tapi, emang ada ya konten tiktok yang bermanfaat? bukannya isinya cuma orang-orang joget yang gak jelas? eh, jangan salah. Di tiktok banyak kreator konten yang menyajikan berbagai macam wawasan yang dapat kita ambil manfaatnya, bahkan dapat membantu kita untuk belajar di sekolah loh. Apa aja itu ? check it out


1. Sains dan Matematika

Kalau kamu termasuk tipe orang yang sulit memahami pelajaran jika hanya dengan membaca buku (kayak aku) konten-konten tiktok tentang materi sains dan matematika mungkin bisa sangat membantu. Banyak akun yang mengkreasikan materi pembelajaran formal yang dibungkus dengan lagu-lagu, contoh-contoh, serta tips mudah pembelajaran buat kamu.

Baca juga:  Buruh dan Mahasiswa Gelar Aksi Tuntut Omnibus Law

Contohnya adalah akun @jeromepolin98 yang kontennya berisi tips tips dan cara mudah dalam menyelesaikan permasalahan matematika, juga ada akun yang bernama @dencuz yang menyajikan konten astronomi seperti planet planet tata surya dan sebagainya.


2. Teknologi


Saat ini kita hidup di tengah berkembangnya teknologi dengan sangat pesat. Dalam kehidupan sehari-hari kita tak pernah lepas dengan apa yang dinamakan teknologi, seperti untuk mengerjakan tugas, memasak, bahkan mandi sekalipun. Namun, tak semua orang dapat menggunakan teknologi yang ada dengan mudah. Nah, di tiktok ini banyak akun yang menyediakan trik-trik untuk menggunakan teknologi yang ada serta mengkreasikannya untuk menjadi produk yang berguna. Salah satunya adalah akun @pintaar101 yang menjelaskan cara mudah untuk mempelajari coding atau programming dengan simpel. Juga ada akun @tysna Saputra yang membagikan teknik teknik dalam fotografi agar foto yang kita jepret dapat menarik perhatian jutaan pasang mata.


3. Kesehatan


Di tengah pandemi seperti sekarang ini kita diharuskan untuk menjaga kesehatan agar tak tertular virus yang merebak. Tapi, kita juga dibatasi untuk beraktifitas keluar, lalu bagaimana jika kita ingin konsultasi masalah kesehatan dengan dokter ? jangan khawatir, saat ini banyak dokter yang menggunakan tiktok, dimulai dari dokter anak, dokter spesialis, bahkan dokter kecantikan seperti dokter @dr. Yessica Tania yang selalu rutin untuk membagikan cara cara dan teknik untuk perawatan tubuh. Mulai dari cara memilih skincare, cara memilih makanan yang baik, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Daftar Wisudawan dengan Skripsi Terbaik Periode Agustus 2020


4. Ekonomi


Nah, untuk kalian yang punya bisnis baik itu bisnis offline maupun online banyak kreator konten yang menyajikan cara cara berbisnis yang benar, bagaimna menyusun strategi marketing, bahkan cara untuk melakukan trading. Sebut saja akun @Bisnis Bareng Bram yang mengajarkan bagaimana cara kita berbisnis yang benar, cara menyusun strategi marketing, dan juga bagaimana cara mengelola website.


Masih banyak lagi konten-konten bermanfaat yang ada di tiktok seperti gaya hidup, kultur dan budaya, hingga pariwisata. Tergantung bagaimana cara kita menggunakan sosial media dengan baik dan bijak. Kita haruslah selektif dalam melilih hiburan yang akan kita nikmati, jangan sampai apa yang kita nikmati tidak meninggalkan sedikit manfaat pada diri kita sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here