3.381 Mahasiswa Baru UIN Walisongo Siap Ikuti PBAK Online 2020

0
415
Website | + posts

Semarang, justisia.com – Rangkaian acara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik & Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2020 pada senin (7/9) secara virtual melalui channel youtube DEMA UIN Walisongo, salah satunya sambutan sekaligus laporan dari ketua PBAK, Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M. Ag. 

Kegiatan yang bertemakan “Harmoni Moderasi Beragama Sebagai Penguat Nilai-Nilai Kebangsaan” dengan tagline “Gelorakan Perdamaian”, akan diikuti oleh 3381 mahasiswa baru, “jumlah Mahasiswa Baru UIN Walisongo Semarang adalah 3350 mahasiswa dari seluruh Nusantara dan 31 Mahasiswa internasional dari negara di Asia Tenggara”, ujarnya dalam menyampaikan laporan tersebut.

Ketua PBAK yang sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Syari’ah dan Hukum juga menyampaikan rincian jumlah mahasiswa tiap fakultas, yakni Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) berjumlah 584 mahasiswa, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) berjumlah 411, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) berjumlah 526, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) 434 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 390, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 212 mahasiswa, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) 270 mahasiswa serta Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebanyak 544 mahasiswa.

Sebanyak 3381 mahasiswa ini akan mengikuti PBAK yang bertemakan secara virtual dalam dua sesi. “Sesi pertama yakni PBAK tingkat Universitas, dan sesi kedua PBAK tingkat Fakultas”, kata Izzuddin.

Rangkaian kegiatan PBAK tingkat Universitas terdiri dari Penyampaian Materi Ke UIN-an serta sikap moderasi beragama bagi pemuda milenial yang akan diisi oleh Rektor UIN Walisongo Semarang. Lebih lanjut, pengasuh Ponpes Lifeskill Darunnajah tersebut juga menyampaikan akan ada orasi kemahasiswaan dan orasi ilmiah, parade budaya oleh 21 Organisasi Daerah, dan pengenalan 16 UKM Expo Universitas.

“Sedangkan rangkaian kegiatan PBAK tingkat Fakultas yakni penyampaian materi PBAK secara virtual dan pendalaman materi oleh fasilitator yang dipandu oleh 2 pendamping fasilitator”, ujarnya lebih lanjut. 

Materi yang akan disampaikan, diantaranya mengenal dunia kampus nilai budaya dan praktiknya, tri etika kampus, kefakultasan dan sistem perkuliahan, tata kelola ormawa dan kebijakan mahasiswa, serta masa depan intelektual mahasiswa dalam menghadapi era society 4.0 .

Sebagai penutupnya, Izzudin juga menambahkan rangkain PBAK Fakultas yakni Pengenalan UKM Ekspo Fakultas yang diikuti oleh UKM di masing-masing Fakultas, serta orientasi program studi pada masing-masing studi.

Reporter: Popo, Kang Mus, Joe
Editor: Hikmah

Baca juga:  Ketua PBAK 2020: Keberagamaan Harus Buat Hidup Rukun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here