Semarang, Justisia.com – Gedung Serba Guna (GSG) UIN Walisongo siap digunakan sebagai venue Bola Voli pada ASEAN Schools Games ke 11 Tahun 2019.

Tim Percepatan Pelaksanaan ASG 2019 Prambudi Traju Trisno mengatakan secara keseluruhan venue yang akan digunakan pada AEAN Schools Games ke 11 Tahun 2019 sudah siap 90 persen. Hanya pada venue renang yang masih perlu beberapa perbaikan dan tambahan.

“Untuk timing system-nya hari ini kita siapkan mudah-mudahan sesuai jadwal, sehingga nanti besok ketika digunakan secara fisik sudah bisa digunakan,” ujarnya seperti yang dilansir Antara TV Indonesia, Selasa (16/7/2019).

Sementara itu UIN Walisongo yang didapuk sebagai tuan rumah cabor Bola Voli sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari, seperti pemasangan bendera 11 negara maupun persiapan perbaikan GSG sendiri.

Cabor Bola Voli akan mempertemukan 5 negara peserta untuk kategori putri dan 6 negara peserta untuk kategori putra. Thailand, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Singapura adalah negara-negara yang mengisi slot kategori putri. Sedangkan pada kategori putra grup A diisi oleh Malaysia, Thailand, dan Myanmar. Sebagai tuan rumah Indonesia akan berhadapan dengan Filipina dan Singapura di grup B.

Antara kategori putra dengan putri masing-masing menggunakan regulasi pertandingan yang berbeda. Kategori putri akan menggunakan sistem perolehan poin tertinggi, guna menentukan peraih peringkat satu, dua, dan tiga. Sedang pada kategori putra akan digunakan sistem kualifikasi bertahap; penyisihan grup kemudian semi final dan final.

Sesuai dengan jadwal yang dirilis oleh ASEAN Schools Games dalam Inaasg2019.com, rencananya pertandingan pada cabor Bola Voli akan dimulai Jumat (19/7/2019) esok, hingga Selasa (23/7/2019) untuk partai puncaknya. Sementara itu, jadwal pertandingan dilakukan dengan sistem bergilir dari putri–putra–putri–putra dalam satu harinya.

Pertandingan pertama akan mempertemukan Thailand dengan Singapura pukul 09.00 pagi untuk kategori putri. Diikuti pertandingan putra grup A antara Thailand menghadapi Myanmar siang harinya. Sedang, Indonesia sebagai tuan rumah baru akan bertanding pada hari Sabtu (20/7/2019) untuk kedua kategori, masing-masing menghadapi kontingen Filipina.

Berikut link untuk mengunduh jadwal perhelatan ASEAN Schools Games ke 11 2019 di Semarang, klik di sini. (Rep:M2SP6/Ed:A.M)

Reporter : Sidik Pram
Penulis : Sidik Pram
Editor : Afif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here