Syekh Al-Shoubaki: Saya Ingin Belajar Ilmu Falak di UIN Walisongo

0
601
Syekh Mahmoud Zohdi Al-Shoubaki. (Foto: Dokumentasi Justisia)
Website | + posts

Rabu (19/20), Syekh Mahmoud Zohdi Al-Shoubaki berkunjung ke Pesantren Life Skill Daarun Najaah bakda isya. Ulama asal Palestina tersebut bersilaturahmi sekaligus memberikan nasihat kepada para hadirin di Mushalatorium at-Taqiy Pesantren Life Skill Daarun Najaah.

Beliau sendiri telah menyelesaikan pendidikan S1 dengan 2 jurusan, yakni managemen bisnis dan ilmu tafsir serta S2 ilmu tafsir, dan sekarang sedang menyelesaikan pendidikan S3 ilmu tafsir di Sudan. Akan tetapi beliau sangat ingin menambah turut mempelajari ilmu falak layaknya para santri yang menuntut ilmu di Pesantren Life Skill Daarun Najaah.

“Ketika saya hadir di sini saya iri melihat santri-santri di sini karena kalian bisa mempelajari ilmu falak tapi saya sendiri belum. Maka jika ada pembelajaran khusus saya ingin belajar ilmu falak seperti para santri”, ujarnya.

Menurutnya, di Palestina sendiri tidak ada fakultas khusus yang mempelajari ilmu falak. Karenanya beliau sangat menginginkan untuk mempelajarinya.

“Saya ingin mengambil ilmu lain selain ilmu tafsir, yakni ilmu falak”, kata hafidz al-Qur’an bersanad tersebut.

Beliau menginginkan ada kampus yang menyediakan S3 ilmu Falak tanpa kelas akan tetapi hanya cukup menulis desertasi.

“Saya berharap di sini ada S3 tanpa kelas tetapi cukup hanya dengan menulis desertasi karena saya saat ini juga di Sudan tidak ada kelas hanya menyelesaikan desertasi. Jika memang ada universitas yang ada ilmu falak tetapi tidak ada kelas saya ingin masuk Insya Allah saya menjadi mahasiswa di sana dan belajar ilmu falak”, ungkap Founder Lembaga Pengajaran Qur’an E-Learning Internasional Gaza tersebut.

Menurutnya, dengan ilmu Falak kita bisa mengetahui arah walaupun sedang berada di tengah padang pasir ataupun di tengah lautan.

“Ilmu falak sangat bermanfaat di mana misalnya kita berada di tengah padang pasir ataupun di tengah lautan sedangkan kita tidak mengetahui arah maka dengan ilmu yang kalian pelajari, kalian bisa mengetahui di mana letaknya utara, selatan, dan arah lainnya dengan melihat bintang”, tambahnya.

Sebagai penggiat ilmu Tafsir, beliau juga menyampaikan bahwa ilmu Falak tercantum langsung di dalam alquran di mana Allah banyak dalam beberapa ayat menyampaikan tentang pentingnya mengetahui arah.

“Salah satunya Allah menceritakan bahwa bintang-bintang untuk mengetahui arah. Makanya ilmu ini sangat penting sekali dan saya suka”, ujar ulama yang menguasai 10 riwayat bacaan al-Qur’an tersebut. (Red: Hrl)

Baca juga:  Kalimat "I Love You So Much" Tak Lebih dari Sekedar Gombalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here