Susilo Toer: Baca dan bakarlah titik-titik

0
77
Berfoto bersama Susilo Ananta Toer (tengah) setelah acara usai. (Foto: dokumentasi Justisia)

Semarang, justisia.com-Bacalah dan bakarlah titik-titik!,” ujar seseorang berusia 82 tahun yang enggan disapa dengan sebutan simbah bernama Susilo Toer atau yang terkenal dengan sapaan Bro Sus itu dalam acara Ngaji Sastra yang diadakan Theater Mimbar pada Selasa (21/05) di Gedung Auditorium 1 kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

Dalam kutipan yang dilontarkan beliau kepada hadirin memberikan banyak tanda tanya atau rasa penasaran dengan maksud yang ingin disampaikan Bro Sus itu. Beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan membakar titik-titik adalah membakar semangat.

“Karena yang membuatku bisa hidup sampai saat ini adalah sebuah kesemangatan,” ujarnya.

Semangat dicerminkannya pada hadirin dengan semangat untuk mencari jati dirinya sejak kecil melalui hobinya yaitu memulung.

“Dengan hobi kita dapat menemukan jati diri kita,” tutur pria asal Blora tersebut.

Hobi memulung yang sudah beliau jalani sejak kecil dan masih menjadi kebiasannya sampai sekarang sehingga beliau memiliki koleksi tersendiri yang sengaja dikumpulkan mulai dari punting rokok, perangko dan barang-barang langka sekarang ini.

Dari hobinya memulung, semangatnya bahkan terlihat saat acara akan dirampungkan beliau masih memberikan peluang kepada para hadirin yang ingin bercengkrama dengannya sampai subuh.

“Saya masih semangat bahkan sampai subuh,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dari acara resmi yang harus segera diselesaikan mengingat malam semakin larut ini, beliau senantiasa memberikan izin kepada hadirin yang ingin berfoto dengannya, bahkan hingga ratusan pasang mata yang telah menjadi rekan dalam setiap jepretan kameranya. (Lip: Afan/Ed: Harly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here