Justisia.com-Senin (19/08/2019) mahasiswa baru dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang akan berlangaung dalam 3 hari kedepan. Terlihat mahasiswa baru mulai memadati kampus sejak pukul 05.30 WIB.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan upacara pembukaan yang bertempat di lapangan utama kampus 3 UIN Walisongo Semarang.Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof Imam Taufiq menjadi inspektur upacara.

Upacara yang diikuti oleh 4419 mahasiswa baru diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne UIN Walisongo.

Dalam sambutannya, panitia menjelaskan jika tema PBAK pada tahun 2019 ini mengusung tema kemanusiaan, yakni “explorasi spirit kemanusiaan menuju Indonesia berperadaban”, diharapkan agar jiwa kemanusiaan yang berperadaban nantinya dimiliki oleh mahasiswa.

Dalam sambutanya, Prof. Imam Taufiq mengucapkan selamat datang dan mengingatkan agar mahasiswa baru meneguhkan niat belajar di UIN Walisongo serta berharap mahasiswa baru dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Beliau kemudian menjelaskan visi-misi Uin Walisongo sesuai dengan cara dakwah Walisongo yang mengedepankan jalan damai atas landasan Islam Rahmatan Lil ‘alamin.

Beliau juga berpesan agar para mahasiswa baru dapat memilih aliran yang tepat di tengah kemajemukan berbagai macam ideologi, organisasi, dan juga aliran sesuai dengan Islam yang toleran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penabuhan gong dan juga pelepasan balon oleh Rektor UIN Walisongo didampingi wakil rektor dan juga para Dekan Fakultas dengan diiringi oleh ribuan tepuk tangan mahasiswa yang menandakan dibukanya acara PBAK 2019.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dr. Arifin Sag. M.Hum.

Setelah upacara pembukaan selesai dilanjutkan dengan pertunjukan tari dari Komunitas Tari UIN Walisongo, dilanjutkan kreasi paper mob yang dilakukan oleh para mahasiswa baru dan kemudian penjemputan oleh masing-masing fakultas.

Reporter : Haidarltf
Editor: Harli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here