Perpustakaan Siap Pindah Menuju Gedung Baru

0
254

Semarang, Justisia.com-Pada Desember 2019 mendatang, perpustakaan pusat akan resmi pindah ke gedung baru, General Library and ICT Center UIN Walisongo, yang dibangun tepat disampingnya. Hal ini dikarenakan gedung tersebut sudah hampir rampung dalam pembangunannya secara fisik.

Gedung baru itu akan diresmikan oleh Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag, dan pihak Islamic Development Bank (IsDB) yang merupakan donatur pembangunan delapan gedung baru yang ada di UIN Walisongo.

Menurut Umar Falahul Alam, UPT Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang, mengatakan koleksi-koleksi buku yang terdapat pada perpustakaan akan dibawa dan disusun di lantai 2 dan 3 General Library and ICT Center.

“Terdapat 96 ribu eksemplar, termasuk koleksi buku yang ada pada Perpustakaan Fakultas juga akan dipindahkan,” tutur beliau.

Pria kelahiran September 1969 juga menjamin adanya fasilitas-fasilitas baru yang membuat mahasiswa betah, salah satunya adalah ruang outdoor yang berada di atap gedung.

Selain itu, sistem peminjaman buku akan diganti dengan Radio frequency identification (RFID), di mana setiap buku diberi chip khusus guna menghindari pencurian, bahkan ditambah dengan book-drop yang membuat mahasiswa dapat mengembalikan buku selama 24 jam.

Baca juga:  Tuntut Hapus SK Rektor, KBMW Akan Geruduk Kampus 1

“Setelah buku dimasukkan dalam book-drop, mahasiswa mendapatkan receipt tanda bukti pengembalian. Jika mahasiswa terlambat mengembalikan buku, receipt tersebut akan tertulis jumlah denda yang harus dibayar. Sesuai prosedur, mahasiswa tidak dapat meminjam buku sebelum membayar denda,” jelas Umar.

Gedung baru berluas 4000 meter kuadrat ini akan digunakan oleh dua pengguna, mahasiswa dan Pusat Tekhnologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD), pihak perpustakaan tidak akan menelantarkan gedung lama, justru direfungsikan sebagai Walisongo Center, yaitu tempat penyediaan produk-produk mahasiswa seperti skripsi, disertasi, dan lain-lain.

Selain itu, gedung ini juga akan dipakai sebagai pusat arsip karena pusat arsip di UIN Walisongo kurang memadai.

Dengan dipindahkannya Perpustakaan Pusat ke General Library and ICT Center, Umar berharap mahasiswa dapat menggunakaan fasilitas-fasilitas baru sebaik mungkin demi pembelajaran yang maksimal.

Reporter : Ana, Nilzam, dan Salam
Penulis : Ana, Nilzam, dan Salam
Editor : Arifan, Hikmah, dan Saddad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here