Muhyar Fanani: Islam Indonesia Layak Jadi Model Bangsa Muslim Dunia

0
229
Website | + posts

Semarang, justisia.com-Pascasarjana UIN Walisongo mengadakan seminar nasional bertajuk “Masa Depan Islam Indonesia di Kancah Global: Peluang dan Tantangan” pada Kamis, (21/11) di Hotel Pandanaran, Semarang.

Menurut Ketua Panitia Muhyar Fanani, tema ini diangkat kerena melihat Islam Indonesia layak menjadi model bangsa muslim di dunia.

“Islam di Indonesia memiliki DNA yang berbeda, khasnya Islam Indonesia adalah mengedepankan kerukunan toleransi, menjunjung tinggi local wisdom. Kemudian negara pecahan dari Uni Soviet, mereka mulai melihat Islam di Indonesia itu penuh kedamaian dan transisi kepemimpinan tidak banyak memakan korban, ” tuturnya saat diwawancarai.

Beliau juga menambahkan, mahasiswa harus mampu bersaing dalam dunia kancah internasional.

Acara ini mendorong agar semua akademisi yang akan menulis disertasi, tesis maupun skripsi agar banyak yang mengkaji local wisdom Indonesia.

Dan bisa dipublikasikan media-media internasional, baik jurnal ilmiah maupun non ilmiah, agar masyarakat internasional mendapatkan tandingan.

Acara yang berlangsung di Hotel Pandanaran lt. 5 ruang anggrek itu berlangsung khidmat. Adapun narasumbernya adalah Prof. Masykuri Abdillah (UIN Syarif Hidayatullah),
Prof. Ibnu Burdah (UIN Sunan Kalijaga) dan Prof. Sri Suhandjati (UIN Walisongo).

Selain itu, seminar nasional ini dihadiri pula beberapa guru besar pascasarjana, dosen, mahasiswa S1 dan S2 yang berasal dari UIN Walisongo ataupun luar UIN Walisongo.

Reporter: Sadad
Editor: Hikmah

Baca juga:  DPRD Jateng Janji Akan Teruskan Tuntutan ke Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here