Meriahkan Harlah UIN Walisongo, Komunitas Rumah Rupa Walisongo Lombakan Mural Doodle

0
585
Demonstrasi Mural Doodle di Dinding belakang Perumahan Bank Niaga oleh 9 Finalis, Sabtu (4/5/2019). Foto: Justisia

Justisia.com – Komunitas Rumah Rupa Walisongo (RRW) adakan Lomba Mural Doodle dalam rangka memeriahkan Harlah UIN Walisongo ke-49. Peserta merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing fakultas.

Perlombaan dimulai dengan seleksi desain yang diajukan pada Kamis (2/5/2019) yang kemudian dipilih 9 desain terbaik untuk didemonstrasikan di Dinding Barat Perumahan Bank Niaga (akses jalan dari Kampus 2 ke 3 atau sebaliknya) pada Sabtu (4/5/2019).

Mengangkat tema Kampus Riset Unggul untuk Kemanusiaan dan Peradaban, RRW bermaksud bisa mengejawantahkan visi dan misi UIN sebagai Universitas Islam Riset Terdepan untuk Peradaban dan Kemanusian pada 2038 nanti.

“Awalnya tidak dibuat perlombaan, (acaranya) hanya untuk mengumpulkan anak-anak UIN yang suka seni mungkin menggambar disini. Terus kita buat perlombaan aja kita lihat anak-anak yang suka seni biar ikut di UIN agar mereka tahu ada komunitas seni gitu,” ungkap ketua panitia acara Muslimatun Nadiroh.

Peserta Lomba Mural Doodle yang lolos secara penuh disediakan semua peralatan yang dibutuhkan. Proses demonstrasi diberikan waktu dua hari sejak Sabtu (4/5/2019) sampai Minggu (5/5/2019). Sedang, keputusan juara akan diumumkan pada Senin (6/5/2019).

Baca juga:  Nova Riyani Sumbang Medali Pertama bagi Kontingen UIN Walisongo

“Pengumuman pemenang […] akan diumumkan hari senin,” ujar Muslimatun.

Pembina RRW Abdullah Ibnu Thalhah mengatakan bahwa pemilihan menggambar sebagai medium lomba kali ini adalah kerena media untuk menyalurkan ide-ide kreatif para mahasiswa sebagai seni yang bisa disisipkan pesan di dalamnya.

“Karena termasuk gaya seni yang fleksibel,” jelas dosen FITK tersebut.

Ketika dijumpai saat demonstrasi para peserta terlihat antusias untuk menunjukkan kebolehannya serta turut mengapresiasi terselenggaranya lomba ini.

“Seru, dapat mengasah kreatifitas dan dapat belajar dari orang lain,” tutur Khusnul peserta dari Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo.

Ada juga peserta dari UNNES yang berkolaborasi dengan mahasiswa UIN Walisongo.

Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB pagi tersebut diikuti tidak kurang 60 peserta termasuk peserta dari luar. Semua panitia dan pembimbing RRW juga ikut memeriahkan acara tersebut dengan membuat Mural Doodle di dua blok dinding.

Bagian dinding yang lain dikhususkan untuk sembilan kelompok finalis yang terdiri dari Namek, Nikmah, kelompok Syariah, Kiki Rahmah, kelompok Mastna, kelompok Umihani, kelompok Budi San, kelompok Dani, kelompok Muna, dan yang terakhir kelompok FITK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here