Justisia.com Agenda tahunan, tahunan sahur bersama Istri Gus Dur Dra. Shinta Nuriyah M.Hum kembali digelar di Semarang. Shinta mengatakan acara seperti ini telah dilakukannya sejak dua puluh tahun lalu bersama Gus Dur. Sahur bersama kali ini bertempat di Halaman Gereja Santo Yusup Gedangan Semarang, Sabtu (18/5) pagi.

“Ketika saya dan Gus Dur dulu sahur dengan tukang becak, maka kita sahur di terminal, ketika sahur dengan para pemulung maka kita siap sahur di atas tumpukan sampah, selain itu kita juga sahur dengan para duafa dan masih banyak lagi,” ucap Shinta dalam tausyiahnya.

Menariknya, acara seperti ini selalu dihadiri oleh berbagai macam pemuka agama serta masyarakat dari berbagai agama. Mereka datang dan ikut serta meramaikan acara sahur. Awal acara dibuka dengan solawatan serta musik rebana, tak tertinggal musik keroncong, dengan lagu religius agama lain yang dinyanyikan di sela sela makan sahur.

“Saya sadar, bahwa saya anak Indonesai. Kita semua juga lahir di Indonesai dan bertempat tinggal di Indonesia. Dari berbagai macam suku, serta agama yang berbeda beda. Jadi tidak pantaslah kita gontokgontokan dengan saudara sendiri,” ujar istri Presiden RI ke 4 tersebut.

Setiap acara seperti ini, beliau selalu mengajak seluruh di Indonesia untuk saling menyayangi, saling menghormati, dengan arti dapat hidup rukun dan damai

“Marilah menyatukan tangan saling mengikat, merajut tali sejati, karena kita adalah satu. Satu nusa satu bangsa satu bhasa. Persatuan kita untuk merawat dan menjaga Indonesia. Persatuan anak bangsa, pilar utama tegaknya negara. Kita adalah satu,” imbuh beliau.  

Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa bersama sama.

Saat acara penutupan, istri Gus Dur ini menyanyikan sholawat yang biasa dilantunkan Gus Dur semasa hidup ketika menutup acara pula. Kemudian diadakan sesi foto bersama dengan semua tamu undangan, tak tertinggal pula warga masyarakat setempat, seperti warga tambak rejo. (rep:Riska/ed: Muft)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here