Semarang, Justisia.com – Pada Wisuda Purna mahasiswa program Doktor ke 18, Magister ke 42, Sarjana ke 75, dan Diploma ke 24 UIN Walisongo, Muhammad Ikbal menyabet gelar Sarjana Hukumnya dengan status wisudawan terbaik se-fakultas Syariah dan Hukum. Mahasiswa asal Riau tersebut tidak menyangka jika akan menyandang gelar Wisudawan terbaik.

“Dari awal belajar tidak pernah menargetkan menjadi wisudawan terbaik, cuma kata senior kalau IPK tinggi diusahakan skripsi juga bagus, takutnya ada kesamaan nilai dengan jurusan lain,” ujar mahasiswa ilmu Falak tersebut.

Apa yang ditakutkannya pun terjadi, nilai IPK nya sama dengan mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum. Maka dari itu dia seimbangkan dengan skripsi berbahasa Inggris, dengan judul “The Implementation of Qibla Direction According to KH Ahmad Rifa’i and It’s Community Respond at Batang” Mahasiswa yang mendapat IPK 3,93 tersebut merencanakan akan lanjut ke jenjang S2 yang berbasis Fakultas Syariah karena mendapatkan beasiswa. Namun, dia disarankan oleh dosennya untuk mengambil beasiswa LPDP.

Mahasiswa yang pernah menjadi ketua UKM Clicks Tahun 2016/2017 ini juga termasuk pembisnis sukses. Dia pernah memilik usaha sendiri di bidang kursus bahasa Inggris dan bahasa Arab yang bertempat di perumahan BPI. Dari usahanya tersebut dia dapat membeli sepeda motor dan membayar gaji 5 tentor. Selain itu, dia juga pernah memiliki bisnis laundry dan ternak lele. Es duren juga termasuk dalam ussahanya yang masih berjalan sampai sekarang dan memiliki 3 cabang.

Mahasiswa yang bercita-cita menjadi dosen tersebut juga memberikan pesan kepada para juniornya untuk mendalami UKM bahasa yang ada di fakultas. Menurutnya untuk memperjuangkan fakultas tidak cukup dengan IPK tinggi saja, namun kemampuan dalam berbahasa asing pun harus baik juga.

“Jadi tidak selamanya bisnis itu mengganggu kuliah, justru dengan bisnis kita tahu jerih payahnya mencari uang dan memotivasi kita untuk lebih giat belajar,” pungkasnya saat ditemui di Auditorium II Kampus 3. (Rep:Riska,Ayu,Ima/Ed:A.M)

Reporter: Riska, Ayu, Hikmah

Penulis: Ayu, Riska

Editor: Afif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here