KKPKC KAS Adakan Pelatihan Penggerak Pancasila

0
346

Yogyakarta, Justisia.com – KKPKC (Komisi Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan) Keuskupan Agung Semarang (KAS) perdana adakan pelatihan penggerak pancasila pada 22-26 Juli 2019.

Acara yang diadakan di Wisma Santi Darma, Sidoagung, Godean, Sleman, DI Yogyakarta ini bertujuan untuk mewabahkan virus persatuan Pancasila. Begitulah yang disampaikan Ketua KKPKC KAS, Romo Endra, dalam sambuatan pembukaan acara kemarin 22 Juli 2019. Menurut Romo yang menjadi imam di Gereja Gondang, Klaten menuturkan, “acara ini dilatarbelakangi keprihatinan kami (panitia) dengan keadaan pasca pemilu. Kita kesulitan untuk kembali bersatu.”

Acara ini dilakukan bukan seperti P4 di Masa order baru. Ketua panitia, Lilik mengarahkan peserta bahwa acara tersebut tidak seperti P4 yang identik dengan komunikasi satu arah namun, menuntuk peserta untuk interaktif.

Sembilan belas peserta mengikuti kegiatan ini, yang awalnya didaftari oleh seratus satu pendaftar. Peserta berasal dari berbagai daerah, Madura, Batu, NTB, Sumatra Utara, Kalimantan Utara, Toraja Dan juga lokal Pulau Jawa. Dari berbagai usia mulai dari usia enam belas tahun sampai empat puluh satu tahun serta dari berbagai agama.

Baca juga:  DEMA dan HMJ Fakultas Syariah dan Hukum Gelar Open Rekrutmen Kepengurusan Baru

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi dengan metode dinamika yang menuntut semua aktif dan kritis. Selama 5 Hari peserta digembleng untuk mengkritisi keadaan, kasus dan permasalahan berkaitan dengan Pancasila yang syarat dengan dinamika. Pemateri yang didatangkan sangat kompeten, begitalah pengakuan salah satu peserta dari Madura, Busyri.

Di acara RTL (Rencana Tindal Lanjut) panitia mengharap semua peserta bisa berbagi Ilmu yang didapat kepada organisasi, masyarakat. Bukan hanya untuk dirinya sendiri. Acara ditutup dengan doa untuk bangsa. Namun, uniknya doa dipimpin dari beserta yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Buddha Dan Penghayat Kepercayaan. (Rep:M2SP6/Ed:A.M)

Reporter: Sidik Pram

Penulis: Sidik Pram

Editor: Afif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here